Gunakan Dana Swadaya, Warga Mancani Palopo Bangun Jalan Tani

PALOPO, CARIBERITA.CO.ID – Puluhan warga Batu Rante, Kelurahan Mancani, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), gotong royong membuat jalan tani, Minggu, (07/06/2020).

Mereka membangun akses jalan tani ini agar para petani dengan mudah melakukan pengangkutan prasarana menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan.

Menariknya, biaya pembangunan jalan tani secara gotong royong itu merupakan dana yang dikumpulkan sendiri oleh masyarakat.

Ramli ketua RT 2, RW 3 kelurahan Mancani mengatakan dari hasil swadaya warga itu dikumpulkan untuk jalan sebesar Rp1,5 juta.

“Meski dana yang terkumpul itu masih minim untuk digunakan pembuatan jalan tani, para petani akan terus melakukan swadaya hingga jalan tersebut selesai,” Kata Ramli.

Ia berharap pemerintah daerah bisa melakukan peninjauan terhadap kondisi jalan pertanian agar ada upaya pembangunan jalan tani untuk para petani di Kelurahan Mancani.

“Karena akses jalan usaha tani ini sangat penting bagi kami masyarakat di sini untuk memperbaiki ekonomi. Maka dari itu kami menaruh harapan pemerintah bisa membantu membuat akses jalan untuk para petani,” Harapnya.

Untuk diketahui, mayoritas petani di Kelurahan Mancani bercocok tanam, cengkeh, coklat, merica, terlebih lagi buah – buahan seperti durian, rambutan dan juga langsat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait