oleh

Hasil Pilkades Imbang, Abdul Waris Menang Karena Prestasi

BULUKUMBA, CARIBERITA.CO.ID – Pilkades serentak kabupaten Bulukumba telah kelar 05 Maret 2020 lalu. Dari sekian desa yang melakukan pemilihan, terjadi keseruan di salah satu desa.

Tepatnya pada Pilkades di desa Balangtaroang kecamatan Bulukumpa, dua Cakades bertarung dengan hasil suara yang imbang. Nomor urut 1 Jusman 564 suara dan Cakades nomor urut 5 Abdul Waris juga 564 suara.

Namun panitia Cakades menetapkan nomor 5 Abdul Waris naik sebagai calon terpilih. Ini berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Bulukumba nomor : 188.45-294 Tahun 2020 tentang penetapan tindakan diskresi terhadap hasil pemilihan Kades tahun 2020 di desa Balangtaroang.

Alasannya simpel, saat mengikuti tes di Dinas PMD Bulukumba Jusman mendapat nilai 70 sedangkan Abd Waris sang pemenang unggul dengan nilai 78.

Alhasil, penetapan pemenang Pilkades dilakukan melalui rapat pleno dipimpin Ketua PPKD Bahjah di Aula Desa Balangtaroang, Kecamatan Bulukumpa, Kamis (04/06/20).

“Kami sudah rapat pleno. Hadir saksi calon, BPD, Camat, Kapolsek, Danramil serta masyarakat. Cakades nomor urut 5 ditetapkan sebagai Kades terpilih,” tutur Bahjah Minggu (07/06/20) usai rapat pleno.

Memang pada Protap Pilkades jelas disebutkan jika ada calon yang memiliki jumlah suara sama maka akan dilihat kembali nilai tertulisnya saat mengikuti tes bakal calon oleh Dinas PMD.

Jika nilai tertulis juga sama maka kembali melihat jumlah keterwakilan DPT di setiap dusun tempat tinggal calon. Menurut Bahjah penetapan pemenang sudah sesuai mekanisme.

“Hasil rapat pleno sudah teruskan ke BPD Desa Balangtaroang pada Jumat kemarin,” imbuhnya.

Selaku Kades terpilih, Abdul Waris menyampaikan terima kasih kepada masyarakat desa atas amanah yang dipercayakan kepadanya.

“Alhamdulillah terimkasih, mari kita ciptakan kampung yang kondusif, aman dan sejahtera serta menjadi desa percontohan dari desa lainnya khususnya Kecamatan Bulukumpa,” singkatnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait