oleh

Polisi se-Luwu Raya dan Tanah Toraja Ikuti Ujian Beladiri di Luwu

LUWU, CARI BERITA – Sebanyak 200 lebih anggota Kepolisian dari wilayah se-Luwu Raya (Polres Luwu, Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur) ditambah Polres Toraja, memenuhi Tribun Lapangan Andi Djemma Belopa, Luwu pagi tadi, Senin (20/09/19).

Berseragam putih baju beladiri, para Bhayangkara Negara ini tengah mengikuti salah satu item persyaratan kenaikan pangkat TMT Janauri 2020 yakni ujian kompetensi Beladiri POLRI.

Diikuti dari berbagai tingkat kepangkatan, mulai level Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama) hingga Bintara, Uji Beladiri ini menjadi salah satu penentu layak tidaknya bagi seorang anggota POLRI untuk naik pangkat.

“Kenaikan pangkat bukanlah hak anggota melainkan reword dari institusi bagi anggota POLRI yang memenuhi persyaratan, salah satu syaratnya harus memiliki kemampuan beladiri,” tegas Kompol Asriani Kasubbag Pangkat Bagbinkar Ro SDM Polda Sulsel selaku Tim Penguji saat memberi arahan sebelum uji kompetensi dimulai.

“Rekan-rekan sekalian sudah dinyatakan memenuhi syarat administrasi, sekarang kemampuan beladiri rekan-rekan akan dinilai oleh tim penguji, saya berharap semuanya bisa lulus,” tambah Polwan cantik berlevel Pamen itu.

Diketahui bahwa setiap anggota POLRI saat pendidikan sebelum bertugas memang sudah dibekali dengan latihan Beladiri yang khas dari Lembaga Pendidikan, tujuannya sebagai penunjang tugas di lapangan saat berhadapan dengan para pelaku kejahatan yang melakukan perlawanan saat diamankan.

Sebagai Ketua Tim Penguji wilayah Polres se-Luwu Raya dan Toraja, AKBP Priswo Pramuko menekankan betapa pentingnya ilmu beladiri dalam bertugas.

“Tidak semua anggota POLRI dibekali senjata api, karena itu sangat penting bagi anggota untuk menguasai tehnik beladiri, seperti pukulan, tendangan, tangkisan dan kuncian saat bertugas menghadapi pelaku kejahatan di lapangan,” jelas ahli seni beladiri yang juga pernah melatih polisi luar negeri, di negara tetangga Brunei Darussalam ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait