oleh

Weekend? Yuk Nikmati Pesona Batutumonga dan Eksotika Lo’ko Mata

TRAVELING, CARIBERITA.CO.ID – Hay perindu weekend!! Bulan baru dan tanggal yang baru pulak!!! Udah gajian beloomm?? Udah dong.

Yuk kita lanjutkan perjalanan kita di Tana Toraja.
Penting banget nih melepaskan penat setelah kemarau panjang melanda di bagian saku 😂😂 !!! No bokek anymore. Yeayyy!

Gaess, kita masih di Toraja Utara, di bawah kaki gunung Sesean, sekitar 24 km dari pusat kota Rantepao, inilah Batutumonga. Wilayah ini juga berada di ketinggian yah Caber readers. Banyak wisatawan yang pernah kesini menyebut Batutumonga adalah desa di atas awan.

Akses jalan memang berkelok-kelok bin nanjak seperti jalan pegunungan pada umumnya tapi kita bisa garansi kok, mata kalian akan direlaksasi dengan pemandangan yang begitu menakjubkan.

Bentang alam yang super duper alami disertai undakan tanah-tanah persawahan menjadi seperti keajaiban tersendiri, bak permadani yang sengaja digelar untuk menyambut kedatangan kita, berasa orang kerajaan kiteee 😂😂.

Udara yang dingin dan sejuk khas pedesaan membuat kita tak ingin cepat-cepat sampai ditujuan. Kalian boleh loh sesekali melambaikan tangan merasakan hangatnya angin sambil bernyanyi ‘kemesraaaannn inii janganlah cepat berlalu’ 😊😊 so sweet!!

Well, jangan puas dulu Caber readers, tadi itu baru Bab 1 alias kata pengantar doang. Di Batutumonga, kalian bisa melihat kota Rantepao dari ketinggian.

Di malam hari, lampu-lampu perkotaan kian menambah eksotisme seperti yang sering kalian liat di scene drama Korea. Di pagi hari, sangat recommended untuk menikmati sunrise yang muncul di balik awan yang terhampar luas.

Panorama ini mungkin akan membuat kalian tak henti-hentinya memuji keagungan Tuhan. It’s not the only you can see here. Ada juga Lo’ko Mata yakni pemakaman batu khas Tanah Toraya.

Masyarakat adat di daerah ini membuat lubang di atas tebing sebagai kuburan. Konon pemakaman di area ini sudah dilakukan sejak tahun 1717. Jenazah yang dimakamkan merupakan keluarga bangsawan.

Banyaknya lubang pemakaman yang berjejer di atas tebing menjadikan para wisatawan penasaran dan tertarik untuk berkunjung.

That’s why kawasan inipun kini menjadi objek wisata yang must be visited.

Di Lempo, kalian bisa bertemu para pemahat kuburan batu ini dan tentu saja sekalian melihat proses pembuatannya. Cocok banget buat para Vlogger atau YouTubers sebagai konten 😊. Kalian bisa tanya-tanya banyak hal mengenai sejarah pemakaman ini dan atau tentang adat budaya Toraja pastinya.

Caber readers sekalian yang cinta Indonesia. Kalian pasti udah tau dong Kopi Toraja yang kini sudah mendunia. Yupp. Kalian mesti coba kopi yang satu ini.

Di Batutumonga terdapat banyak kedai di pinggir bukit yang menyediakan kopi khas ini. Menikmati kopi di atas pegunungan dengan pemandangan alam yang memukau tentu saja menambah kenikmatan dan cerita tersendiri bukan

Dan buat Caber readers yang tak ingin cepat pulang dan memutuskan untuk menginap, jangan resah dan gelisah. Di kawasan Batutumonga juga ada beberapa guest house yang bisa kalian sewa.

Nah, berwisata di Batutumonga pasti akan seru. Foto-foto yang kalian upload di sosmed akan membuat teman-teman kalian ngiri dan tak tahan juga untuk segera mengunjungi Batutumonga yang sangat memikat ini.

The last, selalu dan setiap saat kita ingatkan agar Caber readers menjadi wisatawan yang cerdas. Sampahnya diperhatikan yak. Tata krama dan sopan santun wajib dijaga. Jangan merusak dan jangan melakukan hal yang tidak perlu.
Happy weekend gaess.. ayo ke Toraja! 😊

CaBer Traveling Mhuly

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait