oleh

Viral Makan Telur Rebus Tengah Malam Selamat Dari virus Covid-19 ? Ternyata ini Mitos dan Fakta Soal Telur

RAGAM, CARIBERITA.CO.ID- Di tengah merebaknya wabah Covid-19, kembali warganet +62 dihebohkan tengah malam (25/3) oleh postingan yang menyebut ada bayi baru lahir dan bisa berbicara. Ucapannya menyebutkan bahwa telur rebus bisa menyelamatkan orang-orang dari virus jika dimakan sebelum jam 12 malam. Postingan itu disebarkan ulang oleh beberapa akun medsos dan membuat warga percaya dan bergegas membeli telur di tengah malam. Dari video itu, kita bisa menilai sendiri bahwa isi postingan tersebut adalah hoax atau informasi bohong. Kepanikan terhadap Covid-19 yang semakin banyak menelan korban, membuat orang lebih mudah terprovokasi oleh berita-berita yang beredar tanpa mengecek kebenarannya.

Telur memang memiliki beragam manfaat karena berisi protein dan vitamin. Bahkan, kalau ingin membentuk otot yang sehat dan kuat, telur bisa menjadi sumber alternatif protein. Namun, ada beberapa mitos soal telur yang ternyata salah kaprah, berikut ulasannya:

Mitos :

1. Kuning telur tinggi kolestrol

2. Putih telur lebih baik dari kuningnya bagi pembentukan otot.

3. Karena tinggi kolestrol, kuning telur bisa memicu jantung koroner.

Fakta:

1. Risiko penyakit jantung lebih besar karena faktor genetik serta gaya hidup yang tidak sehat termasuk kurang olahraga. Bahkan, orang yang mengkonsumsi sebutir telur berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke karena kandungan kolestrol yang baik.

2. Meski protein putih telur lebih besar, tetapi kuning telur memiliki beragam zat besi, folat, vitamin, lutein dan zeaxhanthin.

3. Kolestrol pada telur tidak secara langsung meningkatkan kolestrol dalam tubuh bila dikomsumsi.

Jadi, CaBer Readers, itulah Mitos dan Fakta soal telur. Mengkonsumsi telur dapat meningkatkan stamina tubuh karena protein di dalam telur. Namun, sumber protein bukan hanya telur. Tetap bijak menggunakan medsos. Semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk tetap sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait