Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Penampilannya Tak Banyak Berubah, Inilah Diet yang Dijalani Kate Middleton untuk Tetap Langsing

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Jerawat merupakan permasalahan kulit umum yang memengaruhi hampir 10% dari populasi di dunia. Ada banyak faktor penyebab jerawat, salah satunya makanan seperti telur.

Telur merupakan sumber protein dan nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan, dengan rendah kalori. Namun, telur juga mengandung ‘bahan’ yang dapat menyebabkan jerawat.

Menurut laman Clear Stem Skincare, berikut kandungan telur yang dapat memicu munculnya jerawat:

1. Albumin

Baca Juga:
4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah, Bisa Mengurangi Jerawat

Albumin merupakan protein pada putih telur, yang sangat sulit dicerna. Protein yang tidak dapat dipecah dengan benar akan menyumbat sistem limfatik.

Tanda-tandanya adalah peradangan di bagian tengah wajah, mulai di dekat area lubang hidung, lalu ke pipi hingga dagu. Itu adalah jalur limfatik uatama di wajah.

Jika telur dimakan setiap hari, pola peradangan dapat menyebar ke bagian bawah leher (dekat kelenjar getah bening) atau area limfatik lainnya, yakni di pelipis.

Ilustrasi telur dadar. (Pixabay/mhburton)
Ilustrasi telur dadar. (Pixabay/mhburton)

2. Progesteron, hormon pemicu jerawat

Sebutir telur penuh dengan progesteron yang merupakan salah satu hormon pemicu jerawat bagi banyak orang. Tubuh secara alami memproduksi progesteron, jadi mengonsumsi hormon ekstra secara teratur dapat mengganggunya.

Baca Juga:
Harus Diingat, Ini 4 Kebiasaan Penyebab Jerawat Tak Mau Enyah dari Wajah

Jadi, tingkat progesteron yang begitu tinggi bisa menjadi masalah bagi sebagian besar penderita jerawat.

3. Biotin

Telur diduga berkontribusi terhadap jerawat karena mengandung biotin. Satu butir telur telah memenuhi 20% hingga 30% biotin dari tunjangan asupan yang direkomendasikan.

Tapi sebenarnya kadar tersebut belum cukup untuk berdampak pada jerawat.

Suplemen biotin memiliki kadar yang lebih tinggi, bahkan hingga 20.000% dari rekomendasi asupan. Jumlah yang tinggi ini akan merangsang protein keratin secara berlebihan.

Baca :  Kenali Gejala Tekanan Darah Tinggi dan Waspadai Komplikasinya

Produksi keratin berlebih merupakan salah satu penyebab jerawat. Jadi, mengonsumsi makanan yang mengandung biotin ketika sudah mendapat asupan biotin dalam kadar tinggi justru akan menambah masalah.

Tetapi, setiap orang memiliki tingkat serta jenis peradangan yang berbeda. Jadi, mengenal bagaimana tubuh bereaksi terhadap asupan apa pun adalah kunci mencegah timbulnya peradangan, yang dalam hal ini adalah jerawat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.