Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

4 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat, Orangtua Perlu Tahu

0

Cariberita.co.id – Demam pada anak menjadi perhatian paling umum yang mendorong orang tua untuk membawa anak mereka ke rumah sakit atau klinik. Demam secara tradisional didefinisikan sebagai suhu rektal lebih dari 100,4 F atau 38 C.  Lantas, adakah cara menurunkan demam anak tanpa obat? Begini ulasannya.

Diketahui, demam dikenal juga sebagai pireksia yaitu peningkatan suhu tubuh yang sering seringkali karena suatu penyakit. Demam merupakan suatu tanda bahwa terjadi sesuatu yang tak normal dalam tubuh.

Diketahui, demam pada anak bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti demam berdarah, demam remati, infeksi virusseperti influenza, obat-obatan, penyakit yang berhubungan dengan paparan panas, dan alergi.

Jika Anda adalah orangtua yang menghindari berbagai jenis obat-obatan untuk meredakan demam pada anak, berikut ini cara menurunkan demam anak tanpa obat yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Gejala Masuk Angin yang Perlu Anda Tahu, Segera Tangani dengan Langkah Tepat!

1. Mengonsumsi Sup

Demam anak Anda mungkin membuat mereka berkeringat berlebihan dan kehilangan mineral penting. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memastikan anak Anda mengonsumsi cukup cairan untuk mengimbangi elektrolit yang telah hilang. Mengonsumsi semangkuk sup panas bisa jadi salah satu pengobatan alami untuk mengurangi demam pada anak 

Selain mengandung hanyak vitamin dan mineral, sup juga lebih mudah untuk dicerna oleh anak. Ada banyak resep sup yang mudah dan sehat yang bisa Anda buat dalam waktu singkat. Hindari memberikan sup instan pada anak.

ilustrasi anak demam. (Freepik/@prostooleh)
ilustrasi anak demam. (Freepik/@prostooleh)

2. Teh Herbal

Jika anak Anda tidak mau minum air saat mengalami demam, Anda bisa coba memberinya teh herbal tanpa kandungan kafein. Teh herbal adalah salah satu pengobatan rumah alami terbaik untuk demam pada anak-anak dan akan membuat anak Anda terhidrasi. 

Baca Juga:
Angka Kematian DBD di Indonesia Terbanyak di Asia, Kebutuhan Vaksin Dengue Semakin Mendesak

Teh herbal juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk mengobati demam anak. Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh madu ke dalam teh untuk rasa yang lebih baik dan kekuatan antibakteri ekstra.

3. Mandi Cuka Apel

Mandi air hangat,  lebih lembut pada tubuh dan dapat menurunkan suhu tinggi dengan cepat. Mandi air hangat akan lebih efektif jika menanbahkan cuka sari apel (secangkir) ke dalamnya. 

Ini adalah salah satu pengobatan rumah alami yang paling populer untuk demam pada anak-anak dan telah digunakan selama beberapa dekade untuk mengobati demam pada anak-anak secara alami. Anda bahkan dapat menambahkan beberapa tetes cuka sari apel ke dalam kompres hangat dan meletakkannya di atas dahi anak Anda.

4. Susu Kunyit

Menggunakan bahan-bahan dari dapur untuk menyembuhkan demam selalu bermanfaat bagi semua orang, termasuk untuk anak-anak. Caranya, campurkan susu hangat dengan kunyit bubuk 1 sdt, lalu minumkan pada anak Anda. Mungkin rasanya tidak terlalu enak, namun ramuan ini memilki banyak manfaat kesehatan.

Ini adalah obat alami untuk demam pada bayi. Bahan aktif dalam kunyit disebut kurkumin dan telah terbukti memiliki efek yang sama sebagai obat antiinflamasi. Mengonsumsi racikan ini setiap akan tidur di malam hari, membantu meningkatkan kekebalan pada anak dan mengurangi kemungkinan terserang demam.

Demikian informasi mengenai cara menurunkan demam anak tanpa obat yang perlu diketahui. Jika suhu demam belum turun, Anda harus segera mengambil tindakan denga memeriksakan anak Anda ke rumah sakit atau klinik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.