Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Koreng Memang Dapat Membuat Gatal, Mengapa dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Selama menjalani isolasi mandiri, pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala disarankan mengonsumsi sejumlah vitamin dan mineral untuk membantu proses penyembuhan. Kementerian Kesehatan merekomendasikan penderita Covid-19 gejala ringan dan tanpa gejala untuk konsumsi vitamin C, D, E, dan zinc.

Fakta mengenai vitamin C, D, dan E, Anda tentu sudah sering mendengar. Tapi, tahukah Anda fakta seputar zinc atau seng? Dilansir dari Healthline, berikut 4 fakta zinc yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Manfaat Zinc

Zinc adalah mineral penting yang digunakan tubuh dalam banyak cara. Zinc diperlukan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim yang membantu metabolisme, pencernaan, fungsi saraf, dan banyak proses lainnya. Selain itu, penting untuk perkembangan dan fungsi sel kekebalan.

Baca Juga:
Konsumsi Suplemen Magnesium Penting bagi Pria Berusia di Atas 50 Tahun, Ini Alasannya

Penelitian menunjukkan bahwa zinc memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi risiko penyakit terkait usia, mengurangi peradangan, dan lainnya.

Faktanya, kulit Anda menyimpan jumlah yang relatif tinggi sekitar 5 persen dari kandungan zinc tubuh. Sementara kekurangan zinc dapat memperlambat penyembuhan luka, suplementasi dengan zinc dapat mempercepat pemulihan pada orang dengan luka.

Zinc juga dibutuhkan untuk indera perasa dan penciuman Anda. Karena salah satu enzim yang penting untuk rasa dan bau yang tepat bergantung pada nutrisi ini, kekurangan zinc dapat mengurangi kemampuan untuk merasakan atau mencium.

2. Gejala kekurangan zinc

Meskipun defisiensi zinc yang parah jarang ditemui, hal itu dapat terjadi pada orang dengan mutasi genetik yang langka, bayi menyusui yang ibunya tidak memiliki cukup zinc, orang dengan kecanduan alkohol, dan siapa pun yang menggunakan obat penekan kekebalan tertentu.

Baca :  Kasus di Depok Melonjak, RSUI Tambah Kapasitas Tempat Tidur Untuk Pasien Covid-19

Baca Juga:
Suplemen Penguat Imun Tidak Hanya Dikonsumsi Saat Terapapar COVID-19, Ini Penjelasan Ahli

Gejala defisiensi zinc yang parah termasuk gangguan pertumbuhan dan perkembangan, keterlambatan kematangan seksual, ruam kulit, diare kronis, gangguan penyembuhan luka, dan masalah perilaku.

Leave A Reply

Your email address will not be published.