Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  7 Gejala Virus Omicron yang Sering Tidak Disadari Masyarakat, Segera Tes Antigen Jika Merasakan Gejala Ini!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Jeruk mandarin adalah buah jeruk yang sering ditemui dalam perayaan Imlek. Buah satu ini ada dalam keluarga yang sama dengan jeruk lemon, limau, dan jeruk bali. Dibandingkan dengan jeruk biasa, jeruk mandarin lebih kecil, lebih manis, dan lebih mudah dikupas. Berikut ini manfaat jeruk mandarin yang perlu Anda tahu.

Diketahui, jeruk Mandarin memiliki sejarah yang didasarkan pada Tiongkok kuno. Nama ‘mandarin’ adalah bukti salah satunya. Sejak awal, mereka telah menjadi buah yang populer dan disukai banyak orang. Selain itu, mereka juga memberikan manfaat kesehatan yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat jeruk mandarin bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Sebagai Antioksidan

Baca Juga:
Pasca Kebakaran Hanguskan 100 Rumah, Warga Kebon Jeruk Mulai Sibuk Cari Sisa Barang

Beta-karoten dan beta-cryptoxanthin adalah senyawa yang terdapat dalam kandungan buah jeruk seperti jeruk keprok dan mandarin. Senyawa ini adalah antioksidan yang juga dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker.

Bukan hanya itu, jeruk mandarin juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, penglihatan yang baik, kesehatan kulit, menyembuhkan luka, pertumbuhan dan perkembangan yang normal. 

Ilustrasi jeruk imlek. (Elements Envato)
Ilustrasi jeruk imlek. (Elements Envato)

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jeruk Mandarin adalah makanan bebas kolesterol yang dapat membantu Anda dalam menjalani diet sehat. Jeruk Mandarin ini sumber serat larut yang baik, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan.

Serat larut ini telah terbukti membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan menurunkan risiko terkena serangan jantung maupun stroke.

Baca Juga:
Ratusan Rumah di Kebon Jeruk Terbakar, Diduga Gegara Overload Listrik

3. Menurunkan Tekanan Darah 

Baca :  Tinggal di Negara Paling Bahagia di Dunia Justru Meningkatkan Tekanan Batin, Kok Bisa?

Serat dalam jeruk mandarin juga dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh makan makanan berlemak, minum terlalu banyak alkohol, atau merokok. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, penting makan buah-buahan yang kaya serat seperti jeruk mandarin.

Jeruk mandarin juga mengandung kalium. Kalium menurunkan tekanan darah dengan membantu tubuh membuang kelebihan natrium (garam) dan dengan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kalium, jeruk mandarin juga mengandung kalsium dan magnesium. Orang yang mendapatkan lebih banyak dari ketiga mineral ini dalam makanan mereka cenderung memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi. Itu berarti tulang mereka lebih kuat dan kecil kemungkinannya untuk patah.

Demikian informasi mengenai manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.