Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Dianggap Buruk dan Aneh, 5 Aktivitas Ini Justru Baik untuk Kesehatan dan Kesejahteraan!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana telinga terasa gatal dan mengganggu? Sebagian besar dari Anda mungkin akan berasumsi ini hanya disebabkan karena telinga kotor saja. Tapi apakah Anda yakin? Simak beberapa penyebab telinga gatal dan cara mengatasinya di lanjutan artikel ini.

Terasa ringan dan hanya mengganggu selama beberapa saat saja, telinga gatal sering disepelekan. Padahal gangguan ini bisa jadi indikasi dari penyakit yang lebih serius. Tanpa bermaksud menakut-nakuti, mari simak beberapa penyebab telinga gatal berikut ini.

Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

1. Telinga Kotor

Baca Juga:
5 Kemungkinan Penyebab Telinga Berdenging yang Paling Umum, Ketahui Apa Saja

Memang benar telinga gatal bisa disebabkan karena liang telinga kotor. Penumpukan kotoran di bagian telinga bisa membuat Anda tak nyaman dan terkadang menimbulkan suara berdenging. Tentu cara mencegahnya adalah dengan rutin membersihkan telinga.

Solusi : Bersihkan telinga secara rutin dengan alat pembersih telinga yang direkomendasikan dokter Anda. Sebisa mungkin hindari penggunaan cotton bud, karena beresiko mendorong kotoran makin masuk ke dalam rongga telinga.

2. Dermatitis di Liang Telinga

Dermatitis sendiri merupakan kondisi ketika kulit mengalami peradangan dan iritasi sehingga menimbulkan rasa gatal. Tak hanya itu, terkadang rasa perih juga muncul. Meski tak terlalu sering, namun dermatitis atau yang juga dikenal dengan eksim bisa muncul di liang telinga.

Solusi : Konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda dan temukan apa yang jadi penyebab dermatitis. Misalnya saja dermatitis disebabkan oleh produk sampo, maka gantilah sampo Anda. Demikian pula jika hal ini disebabkan oleh logam atau aksesoris lain, hindari penggunaannya.

Baca Juga:
Tak Hanya Baik Untuk Tulang, Susu Sapi Bisa Mencegah Infeksi Covid-19 Loh!

Baca :  Dianggap Buruk dan Aneh, 5 Aktivitas Ini Justru Baik untuk Kesehatan dan Kesejahteraan!

Ilustrasi Telinga (Unsplash/Taisiia Shestopal)
Ilustrasi Telinga (Unsplash/Taisiia Shestopal)

3. Infeksi di Bagian Telinga

Penyebab telinga gatal juga bisa dipicu oleh adanya infeksi. Bisa disebabkan oleh bakteri atau jamur, infeksi ini harus ditangani secara medis dan tindakan pengobatan yang tepat. Saat terjadi infeksi, selain gatal Anda juga akan merasakan nyeri di bagian telinga, keluarnya cairan berbau dari liang telinga, demam, dan gangguan pendengaran.

Solusi : Kunjungi dokter kepercayaan Anda dan pastikan kondisi tersebut. Infeksi harus ditangani oleh tenaga kesehatan atau dokter yang sudah memiliki keahlian medis, sehingga bisa lekas diobati dan tidak menjalar menjadi penyakit lainnya.

4. Alergi

Terakhir penyebab telinga gatal bisa disebabkan oleh alergi pada produk atau benda yang bersentuhan dengan telinga. Bisa berupa produk sampo, perhiasan, lateks, cotton bud, atau bahkan alat bantu dengar.

Solusi : Lagi-lagi solusi terbaik untuk hal ini adalah dengan mengunjungi dokter kepercayaan Anda. Dengan begini, bisa diketahui secara pasti apa pemicu gatal di telinga ini, dan ditentukan prosedur pengobatan terbaiknya.

Itu tadi sedikit informasi terkait penyebab telinga gatal dan cara mengatasinya. Semoga berguna, dan selalu jaga kesehatan diri Anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.