Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

4 Rekomendasi Obat Panu Alami, Efektif dan Mudah Ditemukan

0

Cariberita.co.id – Panu adalah penyakit kulit yang muncul akibat  infeksi jamur Malassezia furfur. Meski tidak terasa sakit, Anda tentu tak nyaman jika menemukan panu di tubuh Anda. Bahkan panu membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Adapun obat panu alami yakni sebagai berikut.

Saat ini, obat panu yang lazim dijual dalam bentuk salep antijamur sudah dijual secara bebas di toko obat. Namun, tahukah Anda panu dapat diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah yang mudah ditemui. Bahkan beberapa bumbu yang ada di dapur juga dapat mengatasi panu.

Melansir dari sejumlah sumber, berikut adalah pilihan obat panu alami yang dapat Anda coba di rumah.

1. Lidah Buaya

Baca Juga:
Curhatan Warganet yang Setia Obati Pacarnya Panuan Bikin Jleb!

Merangkum berbagai sumber, lidah buaya memiliki sifat anti jamur dan antiradang yang dapat membantu melawan jamur. Lidah buaya bahkan disebut mampu meredakan peradangan yang membuat kulit gatal dan mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.

Penggunaan lidah buaya sebagai obat panu alami terbilang cukup mudah. Anda cukup oleskan lidah buaya ke atea kulit yang berpanu.

2. Cuka Apel

Cuka apel diyakini mampu mengatasi panu karena mengandung antimikroba. Antimikroba berperan mengendalikan dan mencegah pertumbuhan jamur.

Untuk mengatasi panu maka campurkan cuka apel dengan air hangat dalam takaran yang sama. Lalu oleskan pada kulit yang terkena panu dengan menggunakan kapas. Terakhir, bilas kembali area kulit yang olesi larutan cuka apel dengan air hangat dan keringkan.

Baca Juga:
Ngenes! Setia Obati Pacar Panuan, Malah Diselingkuhin

Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi minyak zaitun (Pixabay/stevepb)

3. Minyak Zaitun dan Madu

Campurkan minyak zaitun dan madu dalam takaran yang sama lalu oleskan pada area kulit yang terkena panu sebanyak tiga kali sehari. Kombinasi antara minyak zaitun dan madu terbukti mengandung komponen antibakteri dan antijamur. 

4. Bawang Putih

Sering digunakana untuk memasak, bawang putih dikenal memiliki komponen antibakteri, antijamur, antikanker, dan antioksidan. Khasiat antijamurnya pun telah ditunjukkan dalam banyak penelitian.

Bahkan sebuah penelitian di Venezuela membuktikan kandungan  ajoene yang terdapat dalam bawang putih mampu membasmi jamur pada 14 pasien kutu air pasca penggunaan rutin selama 30 hari.

Potong bawang putih  lalu usapkan pada area yang terkena panu dan tunggu hingga kering.Lalu bilas dan lakukan terapi ini selama beberapa minggu hingga panu tampak samar.

Meskipun terapi di atas memanfatkan bahan alami, namun perlu Anda ketahui bahwa tak semua orang cocok dengan kandungan-kandungan tertentu dalam bahan obat panu alami yang telah disebutkan di atas.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan reaksi kulit Anda pasca menggunakan obat panu alami di atas agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Demikian penjelasan perihal obat panu alami. Selamat mencoba di rumah dan pastikan selalu menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari panu maupun penyakit kulit lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.