Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

5 Cara Mengatasi Kaki Pegal, Coba Lakukan Hal Sederhana Berikut

0

Cariberita.co.id – Setelah melakukan aktivitas seharian, tak jarang Anda merasakan kaki yang pegal dan rasa lelah di seluruh tubuh. Padahal sebenarnya cara mengatasi kaki pegal ini cukup mudah lho! Artinya, ini bisa diatasi agar Anda bisa segera beristirahat dengan nyaman tanpa gangguan kaki pegal yang menyebalkan.

Cara mengatasi kaki pegal kali ini bisa dikatakan cukup alami, karena tak melibatkan banyak zat kimia atau obat-obatan. Tips dan triknya mudah dipraktekkan, sehingga siapa saja bisa mencobanya. Berikut selengkapnya.

Cara Mengatasi Kaki Pegal

1. Kompres dengan Es

Baca Juga:
Belajar dari Atta Halilintar, Kapan Waktu Tepat ke Dokter saat Mengalami Cedera Engkel?

Cara ini banyak digunakan oleh orang yang sering berolahraga untuk membuat otot di bagian kaki tidak terasa terlalu pegal. Isikan es di kantong plastik atau ke botol, lalu gulingkan kaki di atas bungkusan es batu tersebut. Kompres antara 5 hingga 15 menit untuk membantu mengurangi peradangan yang mungkin terjadi.

2. Coba Ganti Sepatu

Salah satu penyebab kaki pegal yang berkelanjutan adalah sepatu yang digunakan. Tentu Anda paham benar hal ini, terlebih ketika Anda menggunakan sepatu dengan hak tinggi yang belum biasa Anda gunakan. Coba ganti sepatu Anda dengan sepatu yang lebih nyaman dan berukuran pas, sehingga tidak membuat bagian kaki menahan beban terlalu berat.

3. Memijat Area Kaki yang Pegal

Sudah pasti masuk dalam daftar cara mengatasi kaki pegal, memijat di area yang pegal bisa jadi solusi paling sederhana. Memijat dapat membantu meredakan pegal serta melancarkan aliran darah di area kaki. Ada bisa menggunakan bantuan lotion atau minyak pijat untuk cara yang satu ini, agar memudahkan proses pemijatan yang dilakukan.

Baca Juga:
Langgar Aturan, 17 Lapak PKL di Depan Plaza Jambu Dua Kota Bogor Dibongkar Satpol PP

4. Merendam Kaki dengan Air Hangat

Berkebalikan dengan cara pertama tadi, merendam kaki dengan air hangat juga bisa membantu meredakan pegal yang terasa. Setidaknya rendam kaki selama 20 menit dengan air hangat, dan Anda akan merasakan pegal berkurang secara signifikan.

5. Peregangan dan Latihan Kekuatan

Melatih kekuatan kaki bisa jadi cara ampuh untuk mengatasi kaki pegal dalam jangka panjang. Dengan melatih kaki dengan serius, maka daya tahan kaki akan meningkat, sehingga tak mudah merasa pegal. Selain itu Anda juga direkomendasikan melakukan peregangan secara rutin agar otot kaki siap digunakan seharian saat beraktivitas.

Itu tadi 5 cara mengatasi kaki pegal secara alami yang bisa Anda coba. Tentu, cara ini bisa diterapkan ketika pegal yang dirasakan sekedar pegal karena lelah dan aktivitas. Jika tak kunjung reda, Anda bisa mendatangi dokter dan berkonsultasi untuk mendapat penanganan profesional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.