Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Rasanya Enak Menyegarkan, 5 Buah Ini Baik Untuk Kesehatan Anak Lho Buibu!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Buah-buahan selalu jadi pilihan tepat untuk mendapatkan asupan nutrisi bagi tubuh. Salah satu buah yang paling populer mungkin adalah apel. Pernah mendengar pepatah “an apple a day, keep the doctors away” yang terkenal? Ternyata ini adalah fakta. Kali ini, mari kita bahas terkait manfaat apel hijau untuk kesehatan.

Salah satu jenis apel ini memiliki rasa yang masam. Tekstur khas yang dimiliki buah apel dan rasa segar yang muncul saat menggigitnya, dijamin akan selalu jadi makanan yang nikmat dan sehat. Ternyata, nutrisi yang tersimpan di dalam apel hijau sangat banyak, sehingga berbanding lurus dengan manfaatnya.

Untuk lebih jelasnya, mari simak satu per satu manfaat apel hijau untuk kesehatan.

1. Detoksifikasi Organ Hati

Baca Juga:
Apel Merah atau Hijau, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Kandungan serat tinggi dan antioksidan yang dimiliki apel hijau berperan besar untuk meningkatkan produksi empedu yang membantu mengeluarkan racun sebelum mencapai hati. Dengan begini, fungsi hati bisa benar-benar optimal.

Di waktu yang sama, kandungan asam ursolat di bagian kulit apel hijau juga bisa mengurangi resiko penyakit hati.

2. Melancarkan Pencernaan

Tentu saja, manfaat ini bisa didapatkan ketika Anda rutin mengkonsumsi apel hijau. Kandungan pektin yang larut bisa membantu mengikat cairan pencernaan, dan mencegahnya diserap sebelum makanan sampai ke lambung. Sedangkan pektin tidak larut bisa memberikan struktur pada dinding usus sehingga penyerapan nutrisi berjalan optimal.

ilustrasi apel hijau (Pixabay)
ilustrasi apel hijau (Pixabay)

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Baca Juga:
Apel Hijau atau Merah, Mana yang Lebih Sehat?

Lagi-lagi kandungan serat yang tinggi membawa manfaat untuk tubuh. Serat dalam apel hijau ini mengikat kolesterol dan asam empedu di saluran pencernaan. Serat ini juga mencegah kedua hal tersebut diserap kembali ke dalam tubuh.

Baca :  Diet Karnivora Disebut Dapat Menurunkan Berat Badan, Namun Pakar Peringatkan Kekurangannya

Efeknya, kolesterol jahat akan berkurang dan tidak terjadi penumpukan di pembuluh darah.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat paling besar mungkin adalah membantu menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat dan gula yang rendah membuat buah ini cocok sekali masuk dalam menu makanan diet Anda.

Selain itu, apel hijau juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menjaga rasa kenyang lebih lama.

5. Daya Tahan Tubuh

Mengandung vitamin A dan vitamin C, menjadikan buah ini juga bisa membantu membentuk daya tahan tubuh yang baik. Manfaatnya, tubuh Anda jadi tidak mudah terserang penyakit dan terjaga dalam kondisi prima.

Mungkin ini alasan utama kenapa pepatah di bagian awal tadi muncul ya?

Itu tadi setidaknya 5 manfaat apel hijau untuk kesehatan ketika dikonsumsi secara rutin. Semoga bisa jadi informasi yang berguna untuk Anda, dan selamat beraktivitas!

Leave A Reply

Your email address will not be published.