Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

5 Manfaat Melakukan Renang bagi Tubuh

0

Cariberita.co.id – Berenang adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk berolahraga jika Anda merasa sulit atau membosankan untuk pergi ke gym atau bentuk olahraga lainnya. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk berolahraga di dalam atau di luar ruangan. Berenang tidak memerlukan peralatan apa pun dan seseorang dapat berenang di badan air yang aman. Nah, berikut ini manfaat melakukan renang bagi tubuh.

Diketahui, berenang sering disebut sebagai olahraga yang sempurna karena memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan umur panjang. Penelitian telah menunjukkan bahwa perenang memiliki tingkat kematian 50% lebih rendah dibandingkan dengan pelari, pejalan kaki, dan mereka yang tidak aktif. 

Berenang adalah bentuk latihan aerobik yang bagus/kardio tanpa banyak dampak pada sendi, sehingga mengurangi risiko kerusakan sendi dan mencegah memburuknya sendi yang rusak dalam kondisi seperti radang sendi. Berenang adalah olahraga yang efektif untuk semua kelompok umur.

Melansir dari situs Medicinenet, Senin (9/5/2022), berikut ini manfaat melakukan renang bagi tubuh yang perlu diketahui.

Baca Juga:
Pria Ini Berniat Bikin Kolam Ikan Malah Berujung Jadi Kolam Renang Bocil

1. Penurunan berat badan

Berenang adalah cara yang bagus untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Bergantung pada jenis gaya dan intensitas renang, berenang bahkan dapat membakar lebih banyak kalori daripada berlari dan beberapa latihan kardio lainnya. Oleh karena itu, sesi renang intens selama 30 menit dapat membakar kalori yang sama atau lebih banyak daripada olahraga lari.

Ilustrasi aktivitas berenang. (Shutterstock)
Ilustrasi aktivitas berenang. (Shutterstock)

2. Peningkatan kekuatan dan definisi otot

Perenang meningkatkan kekuatan sendi, kekuatan otot, dan definisi otot di seluruh tubuh, membuat tubuh tampak kencang dan terdefinisi dengan baik. Di antara semua latihan, berenang menyebabkan sedikit ketegangan pada otot dan persendian.

3. Peningkatan fleksibilitas

Baca Juga:
Amanda Manopo Berenang Pakai Kostum Mermaid di Bulan Puasa, Netizen: Mungkin Dia Lagi Rindu Ariel

Berenang melibatkan banyak gerakan memutar, peregangan, dan sendi untuk bergerak di air, melawan resistensi. Ini berguna untuk meningkatkan fleksibilitas. Banyak orang gemuk tidak dapat berolahraga karena nyeri sendi dan masalah radang sendi. Bagi orang-orang ini, berenang adalah pilihan yang sangat baik.

4. Membantu pengobatan asma

Menghirup udara gym yang kering atau alergi serbuk sari dapat memicu serangan asma pada mereka yang menderita asma akibat olahraga . Menghirup udara lembab saat berenang mengurangi risiko ini. Berenang dapat membantu mengobati gejala asma dengan meningkatkan kapasitas paru-paru dan kondisi paru-paru secara keseluruhan.

5. Mengurangi stres dan depresi

Berenang melepaskan endorfin dan perasaan relaksasi yang mirip dengan yoga. Berada di dalam air, terutama di kolam renang luar ruangan atau badan air alami, dapat menenangkan, mengurangi depresi dan kecemasan.

Demikian ulasan mengenai manfaat melakukan renang bagi tubuh. Selain manfaat di atas, ada juga manfaat lainnya seperti meningkatkan fokus dan orientasi tujuan, menjaga kebugaran, terapi, dan lain sebagainya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.