Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

5 Manfaat Susu Kefir untuk Kesehatan, Anda Wajib Tahu!

0

Cariberita.co.id – Tahukah Anda ternyata banyak sekali manfaat susu kefir untuk kesehatan? Susu yang belakangan populer di kalangan pegiat hidup sehat ini semakin naik popularitasnya, lantaran diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Tentu saja, bersamaan dengan itu banyak pula manfaat yang bisa didapatkan.

Susu kefir sendiri adalah susu yang difermentasi menggunakan biji kefir yang dengan yogurt, namun memiliki tekstur yang lebih cair. Rasa yang dimiliki cenderung tajam dan bersoda, sehingga mungkin tak banyak orang menyukainya. Tapi jangan salah, ini karena aktivitas probiotiknya yang tinggi.

Selanjutnya mari kita lihat manfaat susu kefir untuk kesehatan.

1. Kesehatan Pencernaan

Baca Juga:
Segarkan Harimu dengan Water Kefir dari Officially.Prank

Jika kandungan probiotik yang ada pada yogurt dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, maka susu kefir yang kandungan probiotiknya lebih tinggi juga dapat memberikan manfaat ini. Jadi konsumsi rutin bisa dilakukan, agar kesehatan saluran cerna terjaga.

2. Bisa Dikonsumsi Penderita Intoleransi Laktosa

Karena memiliki kandungan gula laktosa yang lebih sedikit daripada susu biasa, maka susu ini aman dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa. Jadi, penderitanya tetap dapat menikmati minum susu, dan mendapatkan manfaat maksimal dari susu kefir ini.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Dengan memperkuat dan merangsang sistem kekebalan tubuh, susu kefir bisa turut berperan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Tentu saja, ini jadi kabar baik karena turut juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri atau virus.

Baca Juga:
Walau Banyak Manfaat untuk Kecantikan, Begini Efek Samping Masker Kefir

4. Berdampak Baik pada Kesehatan Tulang

Pada dasarnya susu kefir tetap merupakan jenis susu. Jadi, kandungan Kalsium yang ada di dalamnya cukup tinggi. Seperti yang kita semua pahami, Kalsium memiliki dampak sangat baik pada kesehatan tulang, sehingga konsumsi susu kefir secara rutin dapat menjauhkan Anda dari masalah tulang seperti osteoporosis di usia tua.

5. Mencegah Terjadinya Infeksi

Kandungan Lactobacillus Kefiri memiliki manfaat untuk menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Jadi dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda bisa menekan risiko infeksi akibat Salmonella, Helicobacter Pylori, atau E. Coli sekalipun.

Susu kefir memang memiliki rasa unik yang tidak semua orang bisa menikmatinya. Namun manfaat susu kefir untuk kesehatan tidak bisa dibantah, mengingat kandungannya yang memang cukup padat. Setidaknya dalam secangkir susu kefir terdapat 12 gram Protein, 15 gram Karbohidrat, 2 gram Lemak, dan 130 Kalori.

Leave A Reply

Your email address will not be published.