Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Awas! Langsung Merokok Saat Buka Puasa Dampaknya Ngeri Banget

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Gerd (gastroesophageal reflux disease) ini penyakit asam lambung yang memiliki gejala seperti sensasi dada terbakar, mual hingga perasaan tak nyaman. Bagi penderita Gerd, tentunya khawatir kalau-kalau penyakitnya kambuh saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Selain dapat membuat ibadah puasa terganggu, naiknya asam lambung juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya. Adapun Gerd biasanya kambuh karena kadar asam dalam perut mengalami perubahan keseimbangan.

Bagi penderita GERD mungkin masih bingung memilih menu makanan untuk berbuka karena takut kambuh. Lantas, apa saja menu berbuka untuk penderita Gerd agar tidak kambuh? Untuk selengkapnya, berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Buah Pisang

Baca Juga:
9 Potret Aming Buka Puasa Bareng Rekan Artis, Penampilan Macho Curi Perhatian

Salah satu menu berbuka untuk penderita Gerd yaitu pisang. Pisang salah satu buah-buahan yang aman dikonsumsi bagi penderita Gerd karena kadar keasamannya sangat rendah, kaya akan kalium dan serat. 

Sedangkan, buah-buahan yang perlu dihindari bagi penderita Gerd selama menjalani puasa yaitu nanas, jeruk, tomat, dan apel. Karena buah-buahan ini dapat memicu asam lambung naik.

2. Kentang Rebus/kukus

Kentang rebus/kukus juga salah satu menu makanan yang direkomendasikan bagi penderita Gerd. Selain teksturnya yang lembut, kentang rebus/kukus juga mengandung senyawa alkali yang bermanfaat dalam mencegah naiknya asam lambung naik saat berbuka puasa.

3. Ikan Panggang

Baca Juga:
Kinerja ASN Kini Ramai Jadi Sorotan, Larangan Buka Bersama Disebut Bawa Dampak Positif

Ikan panggang juga bisa menjadi pilihan menu yang tepat bagi penderita Gerd saat berbuka puasa. Ikan ini kaya akan protein dan kandungan lemaknya juga cukup rendah. Sehingga aman untuk penderita Gerd. Cara mengolah ikan bisa dengan dipanggang maupun direbus/dikukus.

Baca :  Bisakah GERD Sembuh Hanya dengan Obat Warung?

Leave A Reply

Your email address will not be published.