Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Makanan yang Kita Konsumsi Ternyata Dapat Memengaruhi dan Mengubah Genetik, Ini Sebabnya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Penelitian mencatat, semua anak pasti mewarisi 50 persen DNA dari ibu dan 50 persen DNA dari ayah. Tapi, ini bukan berarti setiap orangtua mewariskan karakterisik fisik dan gen dalam jumlah yang sama.

Faktanya, anak-anak 60 persen lebih mungkin mewarisi sifat aktif dari ayahnya, hanya karena bawaan lahir. Berikut ini dilansir dari Bright Side, 6 gen yang kemungkinan besar berasal dari pihak ayah.

1. Tinggi badan

Tinggi seseorang ditentukan oleh setidaknya 700 variasi genetik yang diwarisi dari kedua orang tuanya. Namun, gen tinggi badan setiap orang tua bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Misalnya, gen ayah penting dalam pertumbuhan dan tinggi badan.

Baca Juga:
Bukan Demam atau Batuk, Ini Gejala Teratas Virus Corona Covid-19!

Ilustrasi tinggi badan anak. (Envato Elements)
Ilustrasi tinggi badan anak. (Envato Elements)

2. Gigi bengkok

Dalam kasus di mana ayah memiliki kesehatan gigi yang buruk, anak mereka cenderung harus mengunjungi dokter gigi lebih sering daripada teman-temannya,

Meskipun ibu memiliki memiliki susunan gigi yang bagus. Segala sesuatu dari gigi berlubang hingga kerusakan gigi, dan semua masalah gigi di antaranya dipengaruhi oleh gen ayah.

3. Jenis kelamin

Ayah 100 persen bertanggung jawab atas jenis kelamin bayinya yang baru lahir. Kromosom X dan Y, umumnya dikenal sebagai kromosom seks, menentukan jenis kelamin anak.

Baca Juga:
Virus Corona Tidak Hanya Memengaruhi Paru-Paru Saja, Jantung Juga Bisa Kena

Anak perempuan mewarisi kromosom X dari ayah mereka, menghasilkan genotipe XX. Sedangkan anak laki-laki mewarisi kromosom Y dari ayah mereka, menghasilkan genotipe XY. Karena ibu hanya mewariskan kromosom X, ayah memegang kendali penuh atas jenis kelamin.

4. Lesung pipi

Dalam banyak budaya, lesung pipi dipandang sebagai tanda kecantikan dan daya tarik. Namun, para ilmuwan menggambarkan lesung pipi sebagai cacat yang disebabkan oleh otot wajah.

Baca :  Awas, Gejala Virus Corona Covid-19 Ini Lebih Buruk Bila Keseringan Olahraga

Lesung pipi ini bisa terbentuk karena sifat genetik yang dominan dan lebih sering diturunkan dari ayah.

5. Sidik jari

Tidak ada 2 sidik jari yang bertahan sama karena mereka adalah pola yang unik. Namun demikian, sidik jari bayi mungkin mirip dengan sidik jari ayah. Pola sidik jari adalah sifat genetik yang diwarisi dari ayah kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.