Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Waspada! Ini 5 Risiko Kesehatan bila Terlalu Banyak Konsumsi Lemak, No 5 Banyak yang Belum Tahu Nih Kayaknya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Bau mulut dapat terjadi pada siapa saja. Tentunya kondisi ini bisa merugikan kehidupan sosial seseorang, contohnya jadi tidak percaya diri saat berkencan, wawancara kerja, atau sekadar mengobrol dengan teman. Lantas, apa saja penyebab bau mulut?

Penyebab bau mulut sendiri bervariasi. Studi menunjukkan bahwa 50 persen orang dewasa pernah mengalami bau mulut atau halitosis, di beberapa titik dalam hidup mereka. 

Apa Penyebab Bau Mulut?

Ada sejumlah alasan yang membuat Anda mempunyai napas naga atau bau mulut. Walaupun sebagian besar penyebabnya tidak berbahaya, namun kadang bau mulut bisa jadi gejala yang lebih serius.

Baca Juga:
3 Efek Samping Vaksin COVID-19 Pfizer dari yang Serius hingga Umum Terjadi

1. Bakteri

Bau mulut bisa terjadi kapan saja berkat ratusan jenis bakteri penyebab bau mulut yang secara alami hidup di mulut Anda. Selain itu, mulut Anda juga bekerja seperti rumah kaca yang memungkinkan bakteri untuk tumbuh.

Saat Anda makan, maka bakteri akan memakan sisa makanan di mulut Anda yang kemudian meninggalkan limbah  berbau busuk.

ilustrasi bau mulut (instagram/pakar.bau.mulut/fathorr)
ilustrasi bau mulut (instagram/pakar.bau.mulut/fathorr)

2. Mulut Kering

Merasa kering? Mulut Anda mungkin tidak menghasilkan cukup air liur. Keberadaan air liur ini penting karena untuk membersihkan mulut. Jika Anda tidak memiliki cukup, mulut Anda tidak dibersihkan sebanyak yang seharusnya.

Baca Juga:
Gejala Penyakit Hati Berlemak, Cek Bau Napas Anda Sepanjang Hari!

Mulut kering dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, masalah kelenjar ludah atau hanya dengan bernapas melalui mulut Anda.

3. Penyakit Gusi

Bau mulut yang tak kunjung hilang yang membuat rasa tak enak terus-menerus dalam mulut Anda dapat menjadi suatau gejala penyakit gusi, yang mana ini disebabkan bakteri penyebab gigi jadi berlubang atau disebut plak.

Baca :  Catat, Daftar 4 Vitamin untuk Mencegah Omicron dan Memperkuat Daya Tahan Tubuh

4. Makanan

Bawang putih, bawang bombay, dan kopi, ini daftar makanan yang menyebabkan sesak napas panjang, dan apa yang Anda makan memengaruhi udara yang Anda hembuskan. 

Ilustrasi bawang bombay (unsplash.com/@mkmy)
Ilustrasi bawang bombay (unsplash.com/@mkmy)

5. Tembakau

Menodai gigi Anda, memberi Anda bau mulut dan menempatkan Anda pada risiko sejumlah masalah kesehatan. Tembakau mengurangi kemampuan Anda untuk mencicipi makanan dan mengiritasi jaringan gusi.

Pengguna tembakau lebih mungkin menderita penyakit gusi. Karena merokok juga memengaruhi indera penciuman Anda, perokok mungkin tidak menyadari bagaimana bau napas mereka.

6. Kondisi Medis

Infeksi mulut dapat menyebabkan bau mulut. Namun, jika dokter gigi Anda menunjukkan ada penyebab lain dan Anda sudah menyikat maupun menggunakan benang gigi setiap hari, bau mulut Anda bisa jadi akibat dari masalah lain.

Adapun masalah lain tersebut seperti kondisi sinus, refluks lambung, diabetes, penyakit hati atau ginjal. Dalam hal ini, temui penyedia layanan kesehatan Anda.

Demikian informasi mengenai penyebab bau mulut yang perlu Anda tahu. Jika Anda merasakan bau mulut dalam waktu yang lama, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Leave A Reply

Your email address will not be published.