Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Cepat dan Mutakhir, 18.000 Kelainan Refraksi Mata di Indonesia Bisa Tangani dengan Teknologi ini

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Setiap perempuan akan mengalami masa menopause. Menopause terjadi ketika seorang wanita berhenti menstruasi, paling sering antara usia 45 dan 55 tahun. Adapun ciri-ciri menopause penting untuk dikenali tiap wanita.

Diketahui, wanita didiagnonis menopause ketika tidak lagi mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut pada usia sekitar 45 dan 55 tahun. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian dan ciri-ciri menopause yang dilansir dari situs WebMD, Jumat (4/2/2022).

Pengertian Menopause

Menopause adalah akhir dari siklus menstruasi wanita. Istilah ini dapat menggambarkan setiap perubahan yang wanita alami sebelum atau setelah berhenti menstruasi, menandai akhir dari tahun-tahun reproduksi wanita.

Baca Juga:
Disfungsi Ereksi adalah Kondisi yang Patut Diwaspadai Pria, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Menopause adalah bagian reguler dari penuaan yang terjadi setelah usia 40 tahun. Namun beberapa wanita dapat mengalami menopause dini. Ini bisa merupakan hasil dari pembedahan, seperti jika indung telur mereka diangkat dalam  histerektomi, atau kerusakan pada indung telur atau kemoterapi. Biasanya itu terjadi sebelum usia 40 tahun.

ilustrasi menopause yang dialami perempuan. (Shutterstock)
ilustrasi menopause yang dialami perempuan. (Shutterstock)

Ciri-ciri Menopause

Kebanyakan wanita menjelang menopause akan mengalami  hot flashes, perasaan hangat yang tiba-tiba menyebar ke seluruh tubuh bagian atas, seringkali dengan wajah memerah dan berkeringat. Kilatan ini dapat berkisar dari ringan pada kebanyakan wanita hingga parah pada orang lain. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Menstruasi tidak merata atau terlewat
  2. Kekeringan vagina
  3. Payudara sakit
  4. Ingin buang air kecil lebih sering
  5. Sulit tidur
  6. Perubahan emosi
  7. Kulit, mata, atau mulut kering

Setelah mengalami ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas, selanjutnya para wanita menopause akan mengelami beberapa tanda-tanda lainnya seperti di bawah ini.

  • Kelelahan
  • Depresi
  • Sifat mudah tersinggung
  • Jantung berdebar-debar
  • Sakit kepala
  • Sakit dan nyeri sendi dan otot
  • Penambahan berat badan
  • Rambut rontok
  • Perubahan libido  (gairah seks)
Baca :  5 Cara Memberikan Stimulasi Kognitif dan Motorik untuk Balita, Pengaruhi Kecerdasan Anak Loh!

Fase Menopause

Baca Juga:
Suntik Vaksin Covid-19 Perpanjang Siklus Menstruasi, Ini Temuan Peneliti!

Setiap wanita akan mengalami fase menopause alami. Adapun fase menopause alami yakni sebagai berikut:

Perimenopause, fase ini biasanya dimulai beberapa tahun sebelum menopause, ketika ovarium Anda secara perlahan membuat lebih sedikit  estrogen. Perimenopause  berlangsung hingga menopause, titik di mana ovarium Anda berhenti melepaskan sel telur

Mati haid, fase ini adalah berhentinya masa haid selama setahun sejak Anda mengalami menstruasi. Ini terjadi karenan indung telur telah berhenti melepaskan sel telur dan membuat sebagian besar estrogennya.

Pascamenopause, fase ini adalah tahun-tahun setelah menopause. Gejala menopause seperti hot flashes biasanya mereda. Tetapi risiko kesehatan yang terkait dengan hilangnya estrogen meningkat seiring bertambahnya usia.

Nah, demikian informasi mengenai pengertian dan ciri-ciri menopause lengkap dengan prosesnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.