Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Hati-Hati, Sakit Telinga dan Tersumbat Bisa Jadi Gejala Kanker

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Burnout kerap disalahartikan sebagai respons stres. Padahal burnout merupakan sindrom yang berkembang sebagai respons dari kondisi kerja yang merugikan.

Burnout terjadi karena adanya tekanan pekerjaan yang terlalu banyak. Inilah yang membuat risiko burnout seseorang akan lebih tinggi, bahkan bisa berakhir depresi.

Masalah ini tentu menyebabkan seseorang mengalami kelelahan emosional, depersonalisasi, dan pencapaian yang kurang karena tekanan yang dirasakan.

Menurut Konsultan Dermatologis, Kosmetik dan Ahli Bedah Kulit The Esthetic Clinics, Dr. Rinky Kapoor, kelelahan merupakan perasaan terkuras dan berada di bawah tekanan konstan untuk waktu yang lebih lama.

Baca Juga:
Awalnya Dikira Stres oleh Dokter, Ternyata Perubahan Menstruasi Wanita Ini Disebabkan Kanker Ovarium

Meski burnout terjadi secara perlahan, ia mengatakan gejala kondisi ini kerap sulit dikenali. Efek burnout dapat dilihat dari aspek kehidupan fisik, emosional, serta mental seseorang.

Sementara itu, ada tujuh tanda kelelahan yang dialami individu saat mereka mengalami burnout. Simak ulasannya berikut ini seperti yang dilansir dari HealthShots.

1. Hilang Minat
Tidak tertarik atau bersemangat tentang pekerjaan atau kehidupan keluarga. Individu yang mengalami burnout juga merasakan hidup tanpa tujuan.

2. Pelupa
Orang yang mengalami burnout juga kerap mudah berhenti berusaha dalam melakukan segala tugas. Mereka juga jadi sering menjadi pelupa.

3. Malas
Seorang yang mengalami burnout biasanya kurang memerhatikan kebutuhan dasar individu, seperti kebersihan pribadi, makan, kebersihan dan cara pakaian, dan kebutuhan medis lainnya.

Baca Juga:
Waspada! Ini Gejala Hingga Penyebab Stres yang Dialami Karyawan Di Tempat Kerja

4. Lelah 
Mereka biasanya merasakan lelah yang berlebihan, bahkan saat melakukan aktivitas biasa seperti menyikat gigi atau melakukan tugas yang lebih besar.

Baca :  Dokter Onkologi Ingatkan Stres Bikin Kanker Payudara Makin Ganas, Gimana Mencegahnya?

5. Tak Bersemangat
Seseorang yang mengalami burnout biasanya mudah kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, mudah marah, mati rasa, dan memiliki toleransi frustasi yang rendah.

6. Kewalahan
Tak hanya rasa lelah yang muncul, mereka yang mengalami burnout juga mudah merasa kewalahan dengan banyak hal di dunia. Merek juga jadi lebih mudah menangis.

7. Cepat Sakit
Pengidap burnout mudah menderita berbagai masalah kesehatan mulai dari sulit tidur, sakit kepala, kulit berjerawat, rambut rontok, nyeri dada, jantung berdebar, masalah pencernaan, dan ketegangan otot.

“Langkah pertama untuk mengatasi burnout adalah dengan mengenali gejalanya, dan berkonsultasi dengan dokter. Ingat, bahwa kelelahan lebih dari sekedar stres, dan jangan disamakan dengan penyakit mental,” pungkas Dr. Rinky Kapoor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.