Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kala Jibril Tusukkan Jarinya ke Tubuh Orang yang Hina Rasul SAW – Eramuslim

37+ Mockup Psd File Background

0

Eramuslim.com – Usai melaksanakan shalat Subuh di masjid, ada seorang anak bertanya kepada kakaknya yang sedang liburan dari pondok, “Kak, sekarang hari Jum’at ya, kata teman-teman kalau hari Jumat itu hari yang istimewa bagi umat Islam, memangya ada dalil tentang itu ya Kak?” Kakak pun menyahut, “Iya benar, dalilnya ada di dalam Al-Quran dan al Hadits, sekarang dengarkan kakak akan melantunkan surat Al Jumu’ah ayat 9-10 dan melafalkan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Daud.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[a]. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. AlJumu’ah: 9-10)

Jum’at adalah satu hari di mana Allah mengistimewakannya dengan beberapa hal sebagaimana dalam hadits, “Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at” (HR. Muslim)

Di hari Jum’at, seorang laki-laki muslim yang telah baligh wajib melaksanakan shalat Jum’at secara berjama’ah di masjid. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalat Jum’at berjama’ah adalah kewajiban bagi setiap muslim, kecuali 4 golongan, yaitu budak, wanita, anak kecil, dan orang yang sakit” (HR. Abu Dawud)

Baca :  Orang yang Digiring seperti Semut Kecil Berbentuk Manusia ke Neraka

Percakapan di atas contoh kecil seorang anak yang peduli dengan amalan-amalan sunnah di hari Jum’at. Sudah menjadi kewajiban setiap muslim mengetahui betapa agungnya hari Jum’at, pasti ia akan bersemangat untuk melaksanakan berbagai macam amalan sunnah yang dituntunkan di hari Jum’at. Salah satu contoh langka yang mungkin sebagian kaum muslimin belum tahu adalah membaca surah Al Kahfi pada hari Jum’at.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Leave A Reply

Your email address will not be published.