Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Perbedaan Hipertensi Primer dan Hipertensi Sekunder Penyebab Sakit Jantung, Lebih Bahaya Mana?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Anak muda rentan terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi akibat sering menyantap junk food, sehingga dokter sarankan konsumsi makanan tinggi kalium, apa saja ya?

Gaya hidup tidak aktif atau sedentary lifestyle, ditambah kebiasaan konsumsi makanan olahan tinggi garam menyebabkan anak muda jadi sasaran empuk hipertensi.

Hipertensi adalah kondisi tekanan darah pada tubuh melebihi batas normal. Kondisi normal tekanan darah dalam tubuh orang dewasa adalah kurang dari 140/90 mmHg.

“140 ini adalah nilai sistolik saat jantung berkontraksi, kemudian 90 adalah diastolik saat jantung berelaksasi,” ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Hady, M.Med, Sp.PD melalui keterangan yang diterima suara.com, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga:
Mengukur Tekanan Darah Secara Rutin Jadi Cara Deteksi Hipertensi

Ilustrasi hipertensi (Shutterstock)
Ilustrasi hipertensi (Shutterstock)

Dokter yang berpraktik di Eka Hospital Pekanbaru itu mengatakan rendahnya kadar kalium dalam tubuh bisa meningkatkan tekanan darah. Sehingga makanan mengandung kalium dinilai bisa mengontrol hipertensi.

Berikut ini 5 makanan tinggi kalium yang direkomendasikan dr. Hady untuk dikonsumsi:

1. Mentimun

Mentimun kaya kalium, yakni elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium atau garam yang ditahan oleh ginjal. Mentimun juga mengandung vitamin C dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol.

Nutrisi inilah diperlukan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah. Cara konsumsi mentimun bisa dijadikan jus dan diminum sebanyak 2 kali masing-masing 200 gram per-hari atau dikonsumsi secara langsung.

Baca Juga:
Hari Hipertensi Sedunia 2023: Ini Cara Periksa Tekanan Darah Tinggi yang Benar

2. Kubis atau Kol

Kubis atau kol memiliki kandungan kalium yang sangat baik di dalamnya. Satu cangkir kubis menyediakan 4 persen nilai harian kalium. Ini akan membantu menurunkan serta mengontrol tekanan darah dalam keadaan normal.

Baca :  94 Persen Sebab Hipertensi Primer Tidak Diketahui, Begini Cara Mencegahnya

3. Brokoli

Brokoli mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang mengatur tekanan aliran darah. Bisa juga bantu mengurangi kerusakan pembuluh darah arteri.

Ditambah konsumsi brokoli bantu mencegah berbagai macam penyakit jantung dan stroke iskemik.

4. Kentang

Kentang mengandung magnesium, kalium, dan serat yang tinggi, tak hanya itu, kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita hipertensi.

Apabila dikonsumsi secara rutin, akan membantu menurunkan tekanan darah.

5. Pisang

Pisang juga mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam pisang membantu proses sekresi natrium dan air di dalam darah.

Natrium yang akan memicu peningkatan volume tekanan darah, bisa dijaga dengan pisang dan hipertensi jadi terkendali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.