Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  6 Kelebihan Demon Slayer Mobile Game, Wajib Download dan Mainkan!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Seorang ilmuwan bernama Frank Hoogerbeets memprediksi Indonesia akan alami gempa dengan kekuatan 7 Magnitudo. Hal itu pun jadi perbincangan di sosial media dan di berbagai media massa. Masalahnya apakah gempa bisa diprediksi seperti yang dilakukan oleh Frank?

Dilansir dari worldatlas, laman tersebut mewanti jika kita mendengar seseorang yang mengatakan dapat memprediksi gempa bumi, kita harus skeptis. Meskipun gempa bumi memang sering terjadi, gempa bumi masih hampir tidak mungkin untuk diprediksi secara akurat.  

United States Geological Survey (USGS) menyatakan bahwa prediksi gempa bumi yang sebenarnya harus mencakup tiga elemen. Ini harus mencakup tanggal dan waktu gempa akan terjadi, lokasi pasti gempa, serta seberapa besar itu akan terjadi. Semua elemen itu sulit untuk diprediksi secara akurat.

Sedangkan peneliti asal Belanda yang bekerja di Solar System Geometry Survey (SSGEOS), Frank Hogerbeets itu menyebut kemungkinan terjadi aktivitas seismik di sejumlah wilayah di Indonesia, antara lain Sulawesi, Halmahera, dan mungkin juga Laut Banda.

Baca Juga:
Frank Hoogerbeets Si Profesor Asal Belanda yang Ramal Gempa di Indonesia, Bilang Maret Sebagai Bulan Kritis

Alasan kenapa prediksi gempa bumi tidak dapat diandalkan
Situs worldatlas mengungkap planet kita terbentuk dari potongan-potongan besar batuan yang disebut lempeng tektonik. Lempeng-lempeng ini seperti potongan puzzle yang membentuk kerak bumi, dan lebarnya bisa beberapa ratus kilometer, lebarnya bisa hingga ribuan kilometer. 

Lempeng tektonik juga bisa setebal kurang dari 15 km, atau setebal lebih dari 160 km. Area di mana dua lempeng bertemu disebut garis patahan. 

Ketika gempa bumi terjadi, dua lempeng tektonik bertabrakan. Lempeng bumi selalu bergerak, meski hanya sedikit. Panas dari inti dalam Bumi mendorong lempeng untuk bergerak. Semua gerakan ini terkadang menyebabkan lempeng bergerak secara drastis, yang dapat mengakibatkan gempa bumi. 

Baca :  Misi ke Bulan Semakin Dekat, NASA Sukses Lakukan Uji Perangkat Lunak

Sebelum gempa bumi terjadi, terkadang ada sinyal bahwa hal itu akan terjadi.Terkadang retakan yang lebih kecil muncul di kerak bumi. Hal ini dapat menyebabkan banyak hal terjadi. Air tanah dapat naik melalui celah-celah baru, dan lebih banyak radon, gas radioaktif di tanah juga dapat dilepaskan ke sumber air lokal. Bahkan mungkin ada perubahan dalam aktivitas elektromagnetik lingkungan. Terkadang burung dan hewan juga dapat menunjukkan perilaku aneh tepat sebelum gempa bumi melanda. 

Semua tanda-tanda ini terdengar seperti cara yang bagus untuk memprediksi bahwa gempa bumi akan segera terjadi. Masalahnya, para ilmuwan mengatakan bahwa beberapa gempa bumi terjadi tanpa tanda-tanda peringatan dini ini juga pernah terjadi. Karena itu tanda-tanda tersebut bukan indikasi yang dapat diandalkan untuk memprediksi gempa bumi. 

Baca Juga:
Bank Dunia: Gempa Turki Membuat Kerugian Fisik Capai Rp. 519 Triliun

Memprediksi secara rinci kapan, di mana dan dengan besarnya getaran akan terjadi, tidak mungkin dilakukan.  Robert Geller, seorang seismolog Amerika di University of Tokyo, Jepang, mengatakan “Semua orang tahu gempa bumi tidak dapat diprediksi secara andal dan akurat,” katanya seperti dilansir dari bbvaopenmind.

Demikian itu jawaban atas pertanyaan apakah gempa bisa diprediksi.

Kontributor : Mutaya Saroh

Leave A Reply

Your email address will not be published.