Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Mengapa Pemeriksaan WGS Penting untuk Tekan Penyebaran COVID-19 di Indonesia? Ini Penjelasan Epidemiolog

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Siapapun yang terinfeksi Omicron pada saat awal tahun, mulai bertanya-tanya tentang kemungkinan ia tertular lagi. Meskipun sejumlah ahli mengatakan bahwa orang tersebut punya kekebalan untuk sementara waktu, tapi ia bisa tertular lagi.

Lantas, pertanyaannya kemudian, berapa lama orang bisa terinfeksi Omicron lagi? Para ahli mencoba menjawab hal itu.

Dilansir dari The Sun, Omicron, dan sub-varian BA.2, lebih cepat menyebar dan dapat bersembunyi dari kekebalan vaksin sedikit lebih baik. Meskipun lebih ringan, itu dapat menginfeksi orang lebih cepat dan dalam kasus yang jarang terjadi kembali untuk serangan kedua.

Setidaknya 2,4 kali lebih mungkin untuk menginfeksi kembali orang yang sudah memiliki jenis Covid sebelumnya.

Baca Juga:
Mulai Hari Ini, Penumpang KA Rajabasa dan KA Kuala Stabas tak Perlu Tunjukkan Surat Tes COVID-19

Sebuah studi pracetak Denmark menemukan bulan lalu adalah mungkin untuk memiliki strain asli Omicron, BA.1, dan kemudian mendapatkan sub-varian, BA.2.

Ilustrasi virus corona. (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay/Engin_Akyurt)

Para peneliti dari Statens Serum Institut Denmark, badan penyakit menular terkemuka di negara itu, menulis, reinfeksi Omicron BA.2 memang terjadi segera setelah infeksi BA.1 tetapi jarang terjadi.”

Mereka menambahkan kasus-kasus ini “kebanyakan ditemukan pada individu yang lebih muda yang tidak divaksinasi dengan penyakit ringan”.

Setidaknya 47 orang Denmark terkena Omicron dua kali – infeksi ulang BA.2 tak lama setelah mengalami infeksi BA.1 – menurut penelitian.

Secara umum diperkirakan bahwa untuk orang yang divaksinasi, perlindungan terhadap infeksi turun menjadi sekitar 70 persen setelah sekitar enam bulan.

Baca Juga:
Kenapa Ada Orang Tidak Pernah Terinfeksi Covid-19 Meski Satu Rumah Positif?

Untuk yang tidak divaksinasi, sebuah studi oleh Yale School of Public Health menemukan kekebalan mereka dari infeksi sebelumnya bisa berkisar antara tiga dan 61 bulan.

Baca :  Dibandingkan Orang yang Sering Makan Daging Merah, Vegetarian Berisiko Kecil Terkena Kanker

Leave A Reply

Your email address will not be published.