Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Perlu Kamu Tahu, Detail Event dan Senjata Baru Genshin Impact 2.5

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Operasi bedah melalui metaverse bukan hal yang mustahil untuk dilakukan di masa depan, kata Prof Shafi Ahmed, Chief Medical Officer Medical Realties dan konsultan ahli bedah kolorektal Barts Health NHS Trust, Inggris.

“Operasi bedah bisa dilakukan melalui avatar dan hologram, dibantu oleh augmented reality dan virtual reality,” kata Ahmed dalam webinar How 5G and IoT Tech Will Transform Healthcare, Kamis (17/2/2022).

Metaverse adalah dunia virtual yang merupakan kombinasi dari berbagai elemen teknologi. Metaverse membuat penggunanya dapat melakukan berbagai aktivitas dalam semesta digital.

Menurut Ahmed, dokter ahli bedah dapat mengandalkan metaverse supaya operasi dapat dilakukan dengan pengalaman 3D sehingga jauh lebih realistis. Selain itu, dia mengatakan bahwa dengan adanya metaverse, para ahli bedah dapat melakukan kolaborasi dari jarak jauh.

Baca Juga:
Komite Industri Metaverse China Terima 17 Perusahaan Baru

“Setiap ahli bedah dapat mengakses catatan pasien dan melihat masukkan satu sama lain saat menjadi avatar,” ujar Ahmed.

Agar dapat memanfaatkan metaverse untuk operasi bedah, Ahmed mengatakan pentingnya infrastruktur digital yang kuat karena tindakan tersebut membutuhkan bandwidth yang sangat besar.

“Ini adalah teknologi yang membutuhkan bandwidth besar, tetapi sebenarnya dapat didukung oleh 5G dan saya melihat ini jauh lebih realistis,” tutur Ahmed.

Ahmed sendiri pernah memimpin operasi pengangkatan tumor di The Royal London Hospital, Inggris dengan menggunakan teknologi VR. Tindakan tersebut memungkinkan keseluruhan proses operasi dapat disaksikan dan penonton merasakan seolah-olah mereka berada di ruang operasi.

Dengan teknologi tersebut, Ahmed dapat mengajari para mahasiswa kedokteran di seluruh dunia mengenai prosedur operasi pengangkatan tumor secara real time.

Baca Juga:
Disney Tunjuk Mantan Petinggi Yahoo dan Apollo Group Kembangkan Metaverse

Baca :  Benarkah Arab Saudi Akan Gelar Ibadah Haji di Metaverse?

“Ini adalah hal yang menakjubkan di dalam dunia kedokteran. Ada begitu banyak kemampuan teknologi yang memiliki potensi besar untuk bisa dimanfaatkan,” pungkas Ahmed. [Antara]

Leave A Reply

Your email address will not be published.