Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Orangtua Wajib Tahu! Ini 6 Cara Ajarkan Anak Berperilaku Jujur Sejak Kecil

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Buang air besar (BAB) yang lancar bisa menjadi tanda bahwa organ pencernaan bekerja dengan baik dan dalam kondisi sehat. Untuk itu, kelancaran BAB ini harus senantiasa di jaga. Salah satu cara paling sederhana adalah konsumsi buah yang mengandung banyak serat. Tapi apa buah untuk melancarkan BAB yang terbaik?

Secara umum kandungan serat dalam buah dan sayur adalah yang dibutuhkan tubuh agar BAB bisa lancar dan minim usaha. Namun jika dilihat lebih detail, tentu ada beberapa buah yang memiliki kandungan serat lebih tinggi, dan bisa jadi asupan optimal memperlancar BAB Anda.

Berikut daftar singkat yang bisa kami sajikan terkait buah untuk melancarkan BAB.

1. Buah Pir

Baca Juga:
5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Menurunkan Berat Badan

Memiliki kandungan 5,5 gram serat, buah pir jadi salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk melancarkan BAB Anda. Buah ini juga jadi salah satu buah yang disarankan untuk penderita sembelit, agar BAB bisa lebih lancar dan tidak terlalu mengejan.

Selain itu ada kandungan fruktosa dan sorbitol, yang bisa membantu penyerapan banyak air yang membuat feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan. ini mengapa buah pir masuk dalam daftar buah untuk melancarkan BAB.

Potongan buah pir. (Pixabay/Wolfgang Eckert)
Potongan buah pir. (Pixabay/Wolfgang Eckert)

2. Kiwi

Satu buah kiwi mengandung setidaknya 2,3 gram serat. Jumlah ini setara dengan 9% kebutuhan serat harian tubuh manusia. Tapi tak hanya serat saja, buah ini juga memiliki kandungan enzim actidin yang dapat merangsang gerakan usus menjadi optimal.

Gerakan yang lebih optimal akan baik untuk penyerapan nutrisi dan mendorong sisa pencernaan berupa feses ke bagian pengeluaran.

Baca Juga:
3 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Pepaya, Salah Satunya Bikin Kulit Jadi Gelap!

Baca :  Mengapa Pemeriksaan WGS Penting untuk Tekan Penyebaran COVID-19 di Indonesia? Ini Penjelasan Epidemiolog

3. Alpukat

Lezat dan banyak memiliki nutrisi, alpukat juga masuk dalam salah satu buah pelancar BAB. Anda bisa mengatasi perut kembung dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin. Kandungan utamanya adalah serat dan kalium, yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Namun demikian konsumsi buah ini tak boleh berlebihan karena alpukat juga mengandung lemak yang cukup  tinggi. Jadi tetap konsumsi dalam porsi ideal ya!

Selain ketiga buah di atas, sebenarnya masih ada buah apel, beri, pepaya, pisang, jeruk, dan juga plum. Semua buah ini mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga masuk dalam daftar buah untuk melancarkan BAB. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat beraktivitas!

Leave A Reply

Your email address will not be published.