Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Vivo Y75 5G Hadirkan Pengalaman Smartphone Multi-Fun dengan Dukungan Dual On 5G dan 8GB+4GB Extended RAM

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan kerja sama riset peningkatan dan penguatan informasi geospasial nasional melalui penandatanganan nota kesepahaman.

“Kita sepakat untuk meningkatkan kapabilitas pembangunan informasi geospasial secara nasional, juga demi terwujudnya kebijakan satu peta dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin (14/2/2022).

Pemerintah Indonesia memiliki program prioritas untuk menciptakan satu peta yang terunifikasi, akurat, dan akuntabel dengan skala yang sama dalam mendukung perencanaan pembangunan, penyediaan infrastruktur, penerbitan izin, konsesi, hak atas tanah, dan kebijakan nasional berbasis spasial.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dan Kepala BIG, Muh Aris Marfai.

Baca Juga:
BRIN dan Lembaga Riset Thailand Studi Pengolahan Porang

Ruang lingkup dari nota kesepahaman tersebut, meliputi pelaksanaan riset dan inovasi terkait penyelenggaraan informasi geospasial, pemanfaatan hasil riset dan inovasi bidang informasi geospasial, dan berbagi pakai data dan informasi geospasial.

Selain itu, kedua pihak juga berkolaborasi dalam pendayagunaan kepakaran riset dan inovasi di bidang informasi geospasial, pengembangan sumber daya manusia, serta penggunaan sarana dan prasarana.

“Dengan adanya kolaborasi terkait riset dan inovasi Informasi Geospasial (IG), ini menjadi milestone penting dalam pemanfaatan IG antara BIG dengan BRIN,” tutur Kepala BIG, Muh Aris Marfai.

Aris menuturkan BIG akan mengawal penyelenggaraan peta dasar skala besar 1:5.000 selama dua hingga tiga tahun ke depan. Upaya itu tentunya membutuhkan dukungan setiap instansi, termasuk BRIN.

Kerja sama selama lima tahun antara BRIN dan BIG itu akan menyinergikan sumber daya dan kompetensi yang dimiliki untuk melakukan riset dan menghasilkan inovasi yang mendukung penyelenggaraan informasi geospasial dan penciptaan pelayanan informasi yang optimal. [Antara]

Baca :  BRIN: Baru 10 Persen Keanekaragaman Hayati Indonesia yang Terungkap

Baca Juga:
Perlu Komitmen Pemerintah Kembangkan PLTN untuk Listrik Bebas Emisi

Leave A Reply

Your email address will not be published.