Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Tekan Angka Stunting, Ini Pentingnya Rumah Sakit Punya Integrated Child Center (PICC)

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Danone Indonesia ikut menggaungkan program Isi Piringku guna memberantas stunting di Tanah Air lewat kegiatan edukasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Stunting memang persoalan yang tidak bisa dianggap sepele. Mengingat ini berkaitan dengan gangguan pertumbuhan pada anak.

“Selain bentuk fisik, anak dengan kondisi stunting berisiko memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata dan rentan terhadap penyakit,” kata Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK dalam acara yang diadakan Danone di Novotel Lombok Resort & Villas, NTB pada Jumat (10/2/2023).

Karena itu, Nurul Ratna mengimbau kepada para orangtua buat memperhatikan gizi si kecil di hari seribu pertamanya agar terhindar dari stunting.

Baca Juga:
Gitasav Disentil Sosok ini, Sebut Bocah Kaget Gaul Dunia Barat

dr. Nurul Ratna Mutu Manikam selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik [Dok. Danone Indonesia]
dr. Nurul Ratna Mutu Manikam selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik [Dok. Danone Indonesia]

“Maka dari itu, penting untuk diperhatikan para orang tua bahwa asupan nutrisi yang tepat dengan gizi seimbang menjadi salah satu elemen kunci dalam optimalisasi masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), termasuk untuk pencegahan stunting,” sambungnya.

Nurul Ratna menyebut makanan yang diberikan kepada anak harus kaya akan protein hewani, vitamin C dan zat besi.

“Terdapat banyak sumber makanan yang mengandung protein hewani dan zat besi dapat diperoleh dengan mudah misalnya pada daging merah, ayam, hati, ikan, telur dan susu terfortifikasi,” jelasnya.

“Bahkan banyak potensi pangan lokal di setiap daerah di Indonesia yang bisa menjadi sumber protein hewani,” imbuhnya lagi.

Di Lombok sendiri, Nurul Ratna menuturkan ada banyak makanan yang punya gizi tinggi.

Baca Juga:
Program BAAS Ampuh Tekan Angka Stunting di Karawang, Wabup Aep Bilang Begini

“Salah satunya Lombok, yang memiliki beragam pangan potensial yang cukup terkait dengan protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, diantaranya berbagai pangan laut seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan kerang yang mudah ditemukan masyarakat,” tutur Nurul Ratna.

Baca :  Baru Berusia Belasan Hari Anak Aurel Hermansyah Sudah Diberi Empeng, Bolehkah?

Leave A Reply

Your email address will not be published.