Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Gempa 5,8 yang Terasa hingga Labuan Bajo Dipicu Aktivitas Sesar Naik Flores

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan bahwa di Laut Flores, tepatnya di zona Manggarai – Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) terdapat gap atau kekosongan gempa besar sejak tahun 1800an.

Hal ini diungkap Daryono usai terjadinya gempa 5,8 di Laut Flores, di sebelah utara Manggarai pada Senin malam (21/2/2022).

Kekosongan gempa besar itu menandakan ada potensi gempa besar di Zona Manggarai – Flores, karena di perairan utara Flores sudah beberapa kali terjadi gempa pemicu tsunami sejak 1800an. Di Laut Flores sendiri terdapat Sesar Naik Flores atau Flores back arc thrust yang beberapa kali memicu gempa besar serta tsunami.

“Perlu diingat bahwa wilayah Manggarai, Flores ini adalah kawasan kekosongan gempa besar dalam catatan sejarah gempa besar pemicu tsunami di NTT sejak tahun 1800an,” terang Daryono keterangan resminya.

Baca Juga:
Gempa 5,8 yang Terasa hingga Labuan Bajo Dipicu Aktivitas Sesar Naik Flores

Ketika ditanya soal magnitudo tertarget atau potensi gempa di Zona Manggarai – Flores itu, Daryono mengatakan ada potensi gempa dengan magnitudo tertarget 7,5 di area tersebut.

Sesar Naik Flores atau Flores back arc thrust memicu gempa 5,8 pada Senin malam (21/2/2022). Foto: Catatan gempa di Laut Flores sejak 1800an. [Twitter/Daryono]
Sesar Naik Flores atau Flores back arc thrust memicu gempa 5,8 pada Senin malam (21/2/2022). Foto: Catatan gempa di Laut Flores sejak 1800an. [Twitter/Daryono]

Dalam catatan BMKG ada belasan gempa besar di utara Flores sejak 1800an. Terbaru adalah gempa 7,4 pada 14 Desember 2021 lalu yang memicu tsunami kecil di pesisir utara Flores. Gempa ini pusatnya dekat dengan Maumere dan Flores Timur yang berada sebelah timur Manggarai.

Sementara pada 1855 pernah terjadi gempa besar di utara Kepulauan Komodo, area yang kini masuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Area kekosongan gempa ini disebut juga dengan seismic gap. Ini juga terjadi di Selat Sunda, yang selama 300 tahun belum memicu gempa sementara zona di sekitarnya telah menyebabkan gempa dalam beberapa tahun terakhir.

Baca :  Siaran TV Analog Dihentikan, Kominfo Yakin Jumlah Penonton TV Masih Tinggi

Bedanya pemicu gempa di Laut Flores adalah aktivitas Sesar Naik Flores atau Flores back arc thrust. Sementara Selat Sunda adalah zona megathrust, tempat pertemuan antara lempeng Indo-Australia dengan Eurasia. BMKG baru-baru ini mengatakan magnitudo tertarget Selat Sunda adalah 8,7.

Baca Juga:
Sebanyak 22 Gempa Susulan Terjadi Usai Gempa Laut Flores Magnitudo 5,8

Sayangnya Daryono tidak merinci apakah potensi gempa 7,5 Zona Manggarai – Flores bisa memicu tsunami atau tidak jika benar-benar terjadi. Juga tak dijelaskan apakah gempa di utara Flores itu bisa turut memicu tsunami di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Adapun gempa 5,8 di utara Manggarai pada Senin tidak menyebabkan tsunami. Juga belum ada laporan tentang kerusakkan atau korban akibat lindu yang diikuti oleh 22 gempa susulan tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.