Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Tukar Sekarang dan Dapatkan Item Gratis, Kode Redeem ML 5 Maret 2022

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sangat menyenangkan untuk melakukan hal-hal yang bisa kita nikmati seperti bermain game untuk hiburan. Tetapi, akan menjadi buruk jika terlalu jauh sampai kecanduan game. Lantas bagaimana cara mengatasi kecanduan main game bagi orang dewasa? 

Untuk mengatasi kecanduan main game bagi orang dewasa, kita harus mengetahui dulu apakah dia sudah dalam level kecanduan atau belum. Ada beberapa tanda seseorang sudah mengalami kencanduan game, berikut tanda-tanda tersebut.

  1. Berpikir tentang bermain game sepanjang waktu
  2. Merasa gusar atau ada yang kurang jika tak bermain game
  3. Perlu menghabiskan lebih banyak waktu bermain game baru merasa lebih baik
  4. Tidak bisa berhenti atau bahkan bermain sampai menghabiskan waktu dan lupa mengerjakan hal-hal pokok dalam kehidupan.
  5. Tidak ingin melakukan hal-hal lain yang dulu disukai.
  6. Mengalami masalah di tempat kerja, sekolah, atau rumah karena game.
  7. Mulai berbohong kepada orang-orang terdekat tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk bermain game.
  8. Menggunakan game untuk meredakan suasana hati dan perasaan buruk.

Mungkin sulit untuk melihat masalah ini dalam diri sendiri. Namun ada beberapa petunjuk yang sebaiknya kamu perhatikan, misalnya jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain game, jika kamu merasa baik-baik saja tapi orang terdekat sudah mengatakan kamu terlalu banyak main game, maka itu pertanda bahwa sudah waktunya kamu mengurangi waktu bermain game. 

Cara mengatasi kecanduan main game bagi orang dewasa

Baca Juga:
4 Kode Redeem FF 8 Juni 2023, Dapatkan Loot Crate Gratis dari Free Fire

Cara-cara di bawah ini mungkin akan jadi cara efektif untuk mengatasi kecanduan game bagi orang dewasa. 

  1. Buat jadwal dan batas waktu untuk bermain game. Misalnya setengah jam sampai satu jam saja setiap hari.
  2. Alihkan keinginan main game dengan melakukan hobi lain yang juga mengasyikkan, misalnya bermain alat musik, main sepakbola, tenis, dan masih banyak lagi jenis hobi di luar sana yang bisa membuatmu beranjak dari game komputer.
  3. Berkomitmen pada pekerjaan, keluarga, dan disiplin untuk mewujudkan sesuatu yang lebih nyata daripada permainan game.
  4. Buang semua jenis game yang ada di rumah atau uninstal game yang kamu instal di smartphone kamu. Mulailah berkomitmen menggunakan smartphone untuk berkomunikasi dan meningkatkan produktifitas.
  5. Jika cara-cara tersebut tidak mempan, cobalah lakukan treatmen dengan melibatkan pertolongan ahli/medis. 
Baca :  Main Game Online, Yuk Pahami Berbagai Istilah Ini

Berbagai jenis terapi dapat dicoba untuk mengatasi kecanduan main game pada orang dewasa. Terapi untuk mengatasi kencaduan main game itu misalnya:

-Terapi perilaku kognitif (CBT) – terapi berbicara yang sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis kecanduan, karena terlihat secara proaktif mengatasi alasan mendasar mengapa kita bisa terjebak dalam pola bermain video game secara berlebihan.

– Terapi keluarga – terapi keluarga untuk kecanduan game dapat sangat berguna untuk mengatasi masalah apa pun di rumah yang mungkin menyebabkan kita beralih ke video game sebagai cara untuk menghindari konfrontasi. 

– Self-help dan terapi kelompok – sesi terapi kelompok dapat sangat berguna ketika mencoba untuk mengatasi kecanduan game. Grup ini dapat membantu kita bahwa bermain game sama sekali bukan hobi unik yang membantu diri sendiri ketika itu menjadi masalah, dan grub diskusi juga membantu menyadari bahwa orang lain juga mengikuti proses mengatasi kencaduan game dengan cara yang persis sama. 

Baca Juga:
4 Cara Menggunakan Sinergi Archer di Magic Chess Mobile Legends

Demikian itu rekomendasi cara mengatasi kecanduan main game bagi orang dewasa. Semoga dapat membantu.

Kontributor : Mutaya Saroh

Leave A Reply

Your email address will not be published.