Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Maura Magnalia, Putri Nurul Arifin Meninggal Karena Serangan Jantung: Kenapa Menyerang Usia Muda?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Hingga saat ini kasus harian Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Per Rabu, (9/2/2022), tercatat lebih dari 46 ribu kasus Covid-19 baru.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien di rumah sakit, sejak jauh-jauh hari Kementerian Kesehatan telah mengimbau sebagian masyarakat untuk bisa isolasi mandiri di rumah.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi menyatakan, virus COVID-19 varian omicron memiliki karakteristik tingkat penularan yang sangat cepat jika dibandingkan dengan varian Alpha, Betha, dan Delta. Namun jika dilihat dari gejala lebih ringan dan tingkat kesembuhan juga sangat tinggi.

Lalu bagaimana ciri-ciri gejala omicron yang bisa isoman di rumah? Nadia mengatakan bahwa pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan diimbau isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Baca Juga:
Menko Airlangga Yakin Penularan Kasus Omicron Sudah Melandai pada Maret Depan

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

“pasien yang masuk rumah sakit, 85 persen sudah sembuh, sedangkan yang kasusnya berat, kritis hingga membutuhkan oksigen sekitar 8 persen,” katanya di kantor Kemenkes, Jumat (4/2).

Bagi pasien Isoman selama saturasi di atas 95 persen ke atas tidak perlu khawatir. Kalau ada gejala seperti batuk, flu, demam segera konsultasi melalui telemedisin atau puskesmas setempat.

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/4641/2021 tentang Panduan Pelaksanaan Pemeriksaan, Pelacakan, Karantina dan Isolasi dalam Rangka Percepatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 terdapat 5 derajat gejala COVID-19, antara lain ;

1.Tanpa gejala/asimtomatis yaitu tidak ditemukan gejala klinis.

2. Gejala Ringan yaitu Pasien dengan gejala tanpa ada bukti pneumonia virus atau tanpa hipoksia, frekuensi napas 12-20 kali per menit dan saturasi oksigen >95 persen.

Baca Juga:
Duh! 16 Pemain dan Ofisial PSIS Semarang Terpapar COVID-19

Baca :  Jokowi Sebut Infeksi Covid-19 Omicron Bisa Sembuh Sendiri, Ini Kata Dokter

Gejala umum yang muncul seperti demam, batuk, kelelahan, kehilangan nafsu makan, napas pendek, mialgia dan nyeri tulang. Gejala tidak spesifik lainnya seperti sakit tenggorokan, kongesti hidung, sakit kepala, diare, mual dan muntah, hilang penciuman (anosmia) atau hilang pengecapan (ageusia).

Leave A Reply

Your email address will not be published.