Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Ciri-Ciri Maag Kambuh yang Harus Diwaspadai

0

Cariberita.co.id – Maag adalah penyakit yang lazimnya ditandai dengan rasa tidak nyaman di perut ketika atau pun seusai makan. Penderita maag akan merasakan gejala atau ciri ciri seperti perut terasa penuh, rasa panas pada perut bagian atas, serta kembung. Untuk selengkapnya, berikut ini ciri-ciri maag kambuh yang harus diwaspadai.

Diketahui, maag merupakan penyakit yang umum terjadi dan bersifat ringan. Penyakit ini dipicu oleh banyak faktor mulai dari adanya luka terbuka di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori atau pun akibat efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid.

Menurut berbgai sumber, dalam sehari sakit maag bisa menyerang sekali hingga berulang kali. Oleh karena itu meski bersifat ringan, maag tetap membuat penderita merasa tak nyaman.

Guna mengantisipasi sakit maag, Anda harus mengenali ciri-ciri maag kambuh agar Anda dapat mengatasinya dengan tepat. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.

Baca Juga:
6 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengatasi Maag

  1. Mual dan muntah
  2. Perut kembung
  3. Sering bersendawa
  4. Keringat berlebihan
  5. Detak jantung meningkat
  6. Mudah kenyang
  7. Heartburn
  8. Nafsu makan menurun
  9. Usai makan perut terasa nyeri
  10. Napas pendek
  11. Mulut terasa pahit atau asam
  12. Perut terasa begah

Di atas adalah ciri-ciri maag kambuh yang dapat Anda cermati. Namun alangkah baiknya jika Anda menghindari hal-hal yang memicu maag kambuh.

Ilustrasi maag (Pexels.com/cottonbro )
Ilustrasi maag (Pexels.com/cottonbro )

Sebagai penderita maag Anda dianjurkan untuk mengonsumsi atau pun menghindai jenis makanan dan minuman tertentu. Berikut tips untuk menghindari maag kambuh?

  • Hindari atau mengurangi konsumsi gorengan, makanan manis, dan junk food.
  • Mengatur pola makan dengan benar. Perlu diketahui bahwa pola makan yang berantakan bisa meningkatkan produksi asam lambung serta reaksi radang yang akan membuat pengikisan dinding lambung makin parah
  • Jangan stres berlebihan dan berkepanjangan. Stres dapat menyebabkan reaksi radang di lambung meningkat dan ikut meningkatkan produksi asam lambung.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  • Hindari buah-buahan yang asam, misalnya anggur, jeruk, dan nanas
  • Jangan mengonsumsi makanan pedas
  • Hindari minuman beralkohol dan minuman dengan kandungan kafein yang terlalu tinggi seperti kopi atau minuman bersoda.

Demikian penjelasan perihal ciri-ciri maag kambuh yang bisa Anda cermati. Selalu jaga pola makan dan memperhatikan asupan makanan harian Anda agar maag tak gampang kambuh.

Kontributor : Ulil Azmi

Baca Juga:
6 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Sakit Maag

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Leave A Reply

Your email address will not be published.