Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  CDC Prediksi Virus Corona Covid-19 Bisa Jadi Penyakit Musiman

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Virus corona varian omicron masih menimbulkan kekkhawatiran bagi sejumlah pihak. Terlebih varian omicron juga disebut bisa menimbulkan long Covid-19.

Pertanyaannya kemudian, berapa lama long Covid-19 pada pasien omicron timbul? Melacak kasus long Covid-19 telah menjadi tantangan, karena banyak entitas kesehatan dan negara memiliki praktik dan persyaratan yang berbeda untuk mengklasifikasikan gejala tersebut.

Seperti dikutip dari Healthline, di Inggris, misalnya, mengatakan bahwa untuk gejala long Covid-19, pasien harus mengalaminya setidaknya selama 3 bulan. Sedangkan untuk CDC, jangka waktunya adalah 4 minggu atau lebih.

Selain itu, karena micron baru muncul pada November 2021, tidak cukup waktu bagi pasien atau dokter untuk melihat tanda-tanda long Covid-19.

Baca Juga:
Pakar dari Inggris: Varian Berikutnya Setelah Omicron Bakal Lebih Berbahaya

Semua orang yang pernah terinfeksi Covid-19, baik yang dirawat di rumah sakit maupun yang hanya memiliki gejala ringan, dapat mengalami long Covid-19. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan kasus ringan Covid-19 dapat memicu gejala yang persisten.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, pakar penyakit menular A.S. Dr. Anthony Fauci menegaskan kembali bahwa COVID panjang adalah suatu kemungkinan terlepas dari variannya.

“Covid panjang bisa terjadi apa pun varian virusnya. Tidak ada bukti bahwa ada perbedaan antara Delta atau Beta atau sekarang Omicron,” katanya.

Penelitian sebelumnya memperkirakan, rata-rata, hingga 30 persen pasien terus mengembangkan long Covid-19. Studi juga menemukan bahwa 1 dari 7 anak-anak dan remaja mungkin masih memiliki gejala yang terkait dengan Covid-19 15 minggu setelah infeksi awal.

Montecalvo menggarisbawahi bahwa long Covid-19 pasti bisa menjadi hasil infeksi Omicron tetapi untuk saat ini, tingkat kejadiannya tidak diketahui.

Baca Juga:
Pernah Positif Covid-19, Masih Mungkinkah Terinfeksi Varian Omicron? Pakar Ungkap Penjelasannya

Baca :  Hati-hati Beri Paracetamol Sebelum Anak Diimunisasi, Ini Efek Samping yang Bisa Terjadi

Beberapa ahli percaya bahwa kejadianlong Covid-19 mungkin lebih rendah karena Omicron tampaknya tidak menyebabkan peningkatan penanda inflamasi yang tinggi atau terus-menerus dalam tubuh selama infeksi. Long Covid-19 seringkali lebih melemahkan pada kasus yang parah dengan peradangan serius.

Leave A Reply

Your email address will not be published.