Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Seputar Tinggi Badan, Sampai Usia Berapa Masih Bisa Tumbuh?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Postur dan bentuk badan yang ideal jadi dambaan banyak orang. Selain bentuk dan berat badan yang ideal, cukup banyak pula orang yang mencari cara menambah tinggi badan. Nah Anda berada di artikel tepat, karena beberapa caranya akan kami bahas di sini!

Secara alami sebenarnya tubuh manusia memiliki tinggi dan postur yang menjadi faktor keturunan. Namun seiring aktivitas dan kehidupannya, bentuk tubuh ini bisa berubah. Jadi jika ingin mendapatkan postur badan yang ideal dan tinggi badan yang cukup, kuncinya adalah olahraga dan hidup sehat.

Berikut beberapa cara menambah tinggi badan secara alami yang bisa Anda lakukan.

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Baca Juga:
Berenang Pakai Galon di Danau Batusari Tangerang, Ridho Tewas Tenggelam

Posisi duduk, posisi berdiri, hingga posisi tidur yang benar, dapat membantu Anda mendapatkan tinggi badan ideal. Yang sering tak disadari adalah postur yang salah bisa menghambat tumbuh kembang tinggi badan. Sialnya postur atau posisi tubuh ketika beraktivitas ini jarang disadari.

Perbaiki postur tubuh, dan biasakan berada dalam posisi yang tepat. Misalnya, seperti duduk tegak ketika bekerja, berdiri tidak membungkuk, serta tidur dengan posisi yang ideal sehingga sirkulasi darah bisa baik.

Ilustrasi tinggi badan anak, tinggi anak, tinggi badan anak [shutterstock]
Ilustrasi tinggi badan anak, tinggi anak, tinggi badan anak [shutterstock]

2. Asupan Makanan Bernutrisi

Tinggi tubuh berhubungan langsung dengan pertumbuhan tulang, yang juga tak bisa lepas dari asupan nutrisi yang cukup. Seperti diketahui banyak orang, pertumbuhan tulang memerlukan asupan protein, vitamin D, dan kalsium yang tidak sedikit.

Nah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian ini, Anda wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut. Misalnya saja buah dan sayur, biji-bijian, ikan dan makanan laut, olahan kedelai, telur, serta susu dan produk olahannya.

Baca :  Berita Bencana di TV dan Media Sosial Dapat Memicu Gejala Gangguan Stres Pascatrauma pada Anak-anak

Baca Juga:
3 Risiko Aktivitas Renang Pada Anak yang Mesti Diketahui Orangtua

3. Melakukan Olahraga Rutin

Asupan nutrisi yang cukup juga perlu diimbang dengan rangsangan pertumbuhan tulang dan otot. Dalam hal ini, olahraga rutin bisa jadi solusi terbaiknya. Dengan menggerakkan badan secara rutin, otot dan tulang akan terus tumbuh hingga titik optimal.

Beberapa olahraga yang bisa jadi pilihan antara lain berenang, basket, bersepeda, yoga, lompat tali, dan sebagainya. Intinya, olahraga apapun yang dapat merangsang pertumbuhan tulang bisa jadi opsi untuk mendukung upaya yang Anda lakukan.

4. Waktu Istirahat yang Cukup

Terakhir adalah memiliki waktu istirahat yang cukup. Waktu istirahat diperlukan agar tubuh bisa melakukan relaksasi, dan distribusi asupan nutrisi dengan baik dalam rangka menggantikan bagian tubuh yang rusak karena latihan.

Pada usia remaja, idealnya waktu istirahat yang diperlukan antara 8 hingga 10 jam setiap harinya. Pada orang dewasa, waktu istirahat yang dibutuhkan adalah 7 sampai 9 jam.

Demikian tadi empat cara menambah tinggi badan yang bisa Anda coba. Semoga berhasil, dan semoga sehat selalu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.