Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kelamaan Mandi Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh Loh! Ini Penjelasan Ilmiah dari Pakar

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Banyak orang menganggap mandi pagi salah satu cara untuk menyegarkan tubuh agar lebih siap mengawali aktivitas.

Sedangkan, mandi sore atau malam hari merupakan cara untuk bersantai dan melepas lelah.

Tapi, aturan mandi pagi dan malam ini tidak sesuai dengan sians. Bahkan, dokter kulit, Sandy Skotnicki, MD merekomendasikan semua orang untuk cukup mencuci 3 bagian tubuh saja ketika mandi.

Mandi terlalu sering dapat membuat kulit Anda lebih buruk. Misalnya, mandi bisa membuat kulit kering, terutama jika Anda menggunakan bahan abrasif atau sabun.

Baca Juga:
Aturan Karantina Covid-19 Terbaru: PPLN Sudah Vaksin Booster Hanya Karantina 3 Hari

Selain itu dilansir dari Bright Side, mandi juga bisa menguras minyak, lipid dan bakteri penting yang membantu kulit melawan peradangan, empertahankan tekstur yang halus, dan memperkuat penghalang pelindungnya.

Ilustrasi Mandi (freepik)
Ilustrasi Mandi (freepik)

Menurut Dr. Chris, dokter residen ITV This Morning, mandi setiap hari tidak baik untuk tubuh karena menghilangkan bakteri ramah yang hidup di kulit.

Selain itu, mandi setiap hari tidak hanay buruk untuk kulit tetapi juga rambut.

Dr Angela Lamb percaya bahwa keramas berlebihan dapat mengeringkan rambut dan membuat warnanya kusam.

Karena itu, banyak dokter kulit merekomendasikan mandi sekali dua hari atau 2 hingga 3 kali seminggu. Sedangkan, Dr. Niket Sonpal MD mengatakan keramas setiap hari atau kurang adalah ideal.

Baca Juga:
Peneliti: Orang yang Kekurangan Vitamin D Berisiko Alami Infeksi Parah Virus Corona

Sementara itu, Anda cukup mencuci 3 bagian tubuh saja ketika mandi, yakni ketiak, selangkangan dan kaki.

Mencuci tubuh Anda dari kepala hingga kaki dengan sabun dan air dapat menyebabkan masalah kulit. Namun, sangat penting untuk menjaga kebersihan menyeluruh di area ketiak.

Baca :  Area Leher dan Ketiak Anak Menghitam Tenyata Bisa Jadi Tanda Diabetes, Dokter Ungkap Ciri-cirinya

Dr. Sandy Skotnicki merekomendasikan rutinitas mandi 3 langkah yang mencakup mencuci ketiak daripada mandi setiap hari untuk menghindari masalah seperti eksim.

Mandi dengan air yang mengandung garam dan bahan kimia seperti klorin, fluorida, dan pestisida mungkin juga bisa menyebabkan masalah lain pada organ intim.

Karena itu, Anda cukup membersihkan area selangkangan dan 2 bagian tubuh lainnya saat mandi.

Selangkangan, seperti ketiak lebih rentan terhadap pertumbuhan rambut dan jamur yang tumbuh ke dalam. Guna menghindari infeksi, Anda perlu mencuci bagian tubuh ini setiap hari.

Anda juga harus mencuci kai ketika mandi, karena kaki Anda menumpuk kotoran jika Anda sering tidak memakai alas kaki dan menumpuk kelembapan yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.