Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Begini Tanda Tubuh Butuh Asupan Probiotik dan Cara Mengatasinya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Orang yang sering duduk selama 6-7 jam karena belajar, bekerja atau alasan lainnya memiliki risiko kesehatan yang sama seriusnya dengan perokok.

Duduk terlalu lama ini tidak hanya berdampak pada postur tubuh, tetapi juga menyebabkan akumulasi lemak visceral.

Sehingga meregangkan otot-otot pergelangan tangan Anda, membuat pantat Anda mati rasa dan meningkatkan nyeri punggung akibat kelamaan duduk.

Anda mungkin tidak menyadari bagaimana duduk memengaruhi kesehatan Anda, terlebih gejalanya muncul perlahan.

Baca Juga:
Sediakan 1.000 Dosis Pfizer, Jogja Bay Waterpark Gelar Vaksinasi Booster Senin Besok

Meskipun tidak ada pilihan untuk melarikan diri dari bahaya duduk terlalu lama di depan komputer, Anda bisa menurunkan risiko kesehatan dengan berdiri selama 5 menit setiap 30 menit dan melakukan beberapa latihan sederhana untuk melenturkan otot Anda.

Ilustrasi duduk bekerja. (pexels.com/Ono Kosuki)
Ilustrasi duduk bekerja. (pexels.com/Ono Kosuki)

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa peregangan otot sederhana yang bisa dilakukan ketika kebanyakan duduk.

1. Peregangan dengan membuka dada

Latihan ini membantu melenturkan otot punggung dan bahu. Latihan dada bisa membantu untuk meregangkan otot-otot dada dan mengurangi masalah punggung bungkuk.

Anda cukup melakukannya dalam posisi duduk tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul, tangan saling bertautan di belakang punggung, dekat dengan pinggul.

Baca Juga:
Vaksinasi Booster Triwulan I 2022 Gunakan Vaksin AstraZeneca

Kemudian, tekuk tubuh Anda dan pada saat yang sama angkat tangan Anda ke atas secara vertikal ke tubuh.

Pastikan jari-jari harus menghadap ke langit-langit. Kemudian, tahan pose selama beberapa detik dan rileks.

2. Peregangan paru-paru

Anda juga bisa melakukan peregangan paru-paru atau lunge strecth. Latihan ini membantu Anda meregangkan lebih banyak otot paha bagian dalam dan luar, paha belakang, dan paha depan.

Baca :  Menkes Ungkap Salah Satu Sebab Kematian Akibat Kanker Serviks di Indonesia Tinggi

Anda bisa berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul dan tangan di pinggul. Gerakkan kaki kanan ke depan dan turunkan tubuh sedalam mungkin.

Letakkan tangan di atas lutut untuk stabilitas. Jeda selama beberapa detik, keluar dari peregangan dan kemudian kembali ke dalamnya.

3. Peregangan dumbeldog

Anda juga bisa melakukan peregangan seperti posisi yoga dumbelsog untuk mengurangi ketegangan leher dan sakit punggung, efek samping umum dari duduk sepanjang hari.

Anda bisa memulainya dari berdiri tegak, lalu arahnya tubuh membungkuk ke depan hingga kedua telapak tangan menyentuh lantai.

Tekan tangan Anda ke tanah dan luruskan leher Anda. Arahkan pandangan Anda ke pusar dan tarik napas.

4. Putar tulang belakang

Memutar tulang belakang membantu menciptakan ruang antar tulang belakang. Peregangan ini memperpanjang tulang belakang dan melenturkan otot-otot bahu dan leher Anda.

Caranya, berbaringlah telentang dan rentangkan tangan membentuk T. Tekuk lutut dengan kaki rata di tanah. Putar kedua kaki Anda ke sisi kanan. Kemudian, ulang hal yang sama di sisi lain.

5. Plank terbalik

Anda juga bisa melakukan plank terbalik untuk membantu menargetkan otot-otot di punggung bawah, paha belakang, dan glutes. Peregangan ini membantu memberikan bantuan dari sakit punggung dan mati rasa pantat.

Caranya, duduknya di matras dengan kaki telentang di depan dan telapak tangan diletakkan di lantai.

Tekan pinggul Anda setinggi mungkin, pegang kedua kaki dan arahkan ke lantai. Tahan selama 5 napas, turunkan pinggul untuk merilekskan tubuh Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.