Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Struk Belanja hingga Kopi, Ini 5 Faktor Pemicu Pertumbuhan Rambut Wajah!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Penanganan pandemi di masa depan membutuhkan persiapan dan penelitian yang dimulai dari sekarang. Inilah yang menjadi alasan pemerintah Indonesia turut berinvestasi dalam penelitian yang dilakukan oleh Koalisi untuk Inovasi Persiapan Epidemi (CEPI).

Menteri Kesehatan Budi G Sadikin dalam pidatonya di Global Pandemic Preparedness Summit Oslo, Norwegia, Selasa (8/3), mengatakan Indonesia sebagai Pemegang Kepresidenan G20 Tahun 2022 berkontribusi dalam pembiayaan penanganan pandemi COVID-19, khususnya dalam pengembangan vaksin COVID-19 yang dipimpin oleh CEPI sebesar US$ 5 Juta alias setara dengan Rp 71,5 Miliar.

Hal ini sejalan dengan semangat yang diusung Indonesia untuk menciptakan arsitektur kesehatan global serta dukungan pembiayaan pandemi, khususnya bagi negara berpenghasilan rendah dan menengah.

“Berkat CEPI, Gavi, WHO dan UNICEF, kami berhasil mengirimkan lebih dari 353 juta vaksin ke lebih dari 192 juta orang Indonesia dalam 13 bulan. Itu sebabnya kami percaya bahwa kami harus bekerja sama, dan Indonesia siap berkomitmen pada CEPI. Komitmen kami untuk kebaikan yang lebih besar, untuk tidak meninggalkan siapa pun, dan untuk lebih mempersiapkan dunia melawan pandemi berikutnya dimulai sekarang,” ujar Menkes Budi dikutip dari SehatNegeriku.

Baca Juga:
Pemkot Bandung Bolehkan Bobotoh Menonton di Stadion, Ini Syaratnya

Global Pandemic Preparedness Summit diselenggarakan oleh CEPI dan Pemerintah Inggris pada 7-8 Maret 2022 di Oslo, Norwegia. Selama pandemi COVID-19, CEPI memprakarsai berbagai program pengembangan vaksin COVID-19, bertujuan untuk memajukan pengembangan klinis dari portofolio beragam kandidat COVID-19 yang aman dan efektif dan untuk memungkinkan alokasi vaksin ini secara adil di seluruh dunia melalui COVAX.

Dalam sambutannya, Menkes Budi menekankan pentingnya dana darurat dalam pendanaan kesehatan global. Dimana dana ini nantinya akan dapat dimanfaatkan untuk setiap negara saling bahu membahu dalam menghadapi pandemi yang tidak terduga.

Baca :  Mengenal Disforia Gender, Kondisi Orang yang Tidak Cocok dengan Jenis Kelaminnya

“Kami ingin memastikan bahwa dana ini dapat dipergunakan untuk penanggulangan kesehatan darurat, seperti vaksin, terapeutik, juga diagnostik,” ucap Menkes Budi.

“Sekarang warga dunia sekali lagi meminta kita pemimpin global untuk mulai berdiri dan berlari dan membuat dunia yang lebih baik dan lebih sehat, tidak hanya untuk kita tetapi juga untuk anak dan cucu kita,” tutur Menkes Budi.

Baca Juga:
Ada yang Sudah Vaksin Booster, Begini Kondisi Ratusan Perawat di Bandung Barat yang Terpapar COVID-19

Leave A Reply

Your email address will not be published.