Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Telkom Segera Integrasikan IndiHome ke Telkomsel

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Perusahaan chip otak Elon Musk, Neuralink, menghadapi tantangan hukum dari kelompok hak asasi hewan.

Mereka menuduh perusahaan tersebut menjadikan monyet “penderitaan ekstrem” selama bertahun-tahun dalam melakukan eksperimen mengerikan.

Chip otak Neuralink, yang diklaim Musk suatu hari akan membuat manusia menjadi sangat cerdas dan membuat orang lumpuh berjalan lagi, ditanamkan di otak monyet.

Hal ini dilakukan selama serangkaian tes di University of California, Davis dari 2017 hingga 2020, menurut kepatuhan dari Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab mengajukan ke Departemen Pertanian AS.

Baca Juga:
Puluhan Satelit Starlink Elon Musk Rontok Disapu Badai Geomagnetik

Dalam satu contoh, seekor monyet diduga ditemukan kehilangan beberapa jari tangan dan kakinya mungkin karena mutilasi diri atau trauma lain yang tidak ditentukan.

“Monyet itu kemudian dibunuh sebagai ‘prosedur terminal’,” kata kelompok itu dalam salinan pengaduan sebagaimana melansir laman New York Post, Jumat (11/2/2022).

Pendiri Neuralink, Elon Musk. [Britta Pedersen/POOL/AFP]
Pendiri Neuralink, Elon Musk. [Britta Pedersen/POOL/AFP]

Dalam kasus lain, seekor monyet memiliki lubang yang dibor di tengkoraknya dan elektroda ditanamkan ke otaknya, kemudian diduga mengalami infeksi kulit berdarah dan harus di-eutanasia, menurut pengaduan.

Dalam contoh ketiga, monyet kera betina memiliki elektroda yang ditanamkan ke otaknya, kemudian diliputi muntah, muntah, dan terengah-engah.

Beberapa hari kemudian, para peneliti menulis bahwa hewan itu tampaknya pingsan karena kelelahan dan kemudian di-eutanasia.

Baca Juga:
Selain Rencana Penanaman Chip, Ini 3 Ide Gila Elon Musk

Menurut laporan itu, otopsi kemudian menunjukkan monyet itu menderita pendarahan otak.

Eksperimen tersebut melibatkan 23 monyet secara keseluruhan.

Setidaknya 15 dari mereka meninggal atau di-eutanasia pada 2020, menurut kelompok itu, yang mendasarkan laporan pada catatan yang dirilis melalui undang-undang catatan terbuka California.

Baca :  Telkom Segera Integrasikan IndiHome ke Telkomsel

“Hampir setiap monyet yang dipasang implan di kepalanya menderita efek kesehatan yang cukup melemahkan. Mereka, sejujurnya, melukai dan membunuh hewan-hewan itu,” Jeremy Beckham, direktur advokasi penelitian Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab.

Laporan mengerikan itu muncul saat Neuralink berencana memulai tes manusia pertamanya.

Musk mengatakan pada Desember lalu bahwa dia ingin memulai uji coba manusia untuk perangkat pada 2022.

Perusahaan memosting membuka lowongan pekerjaan untuk direktur uji klinis Januari ini.

Neuralink. [AFP]
Neuralink. [AFP]

Kelompok di balik laporan tersebut, Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab, mengadvokasi veganisme dan alternatif untuk pengujian hewan – posisi yang terkadang membuat kelompok tersebut bertentangan dengan American Medical Association.

Grup tersebut saat ini tidak memiliki “hubungan apa pun dengan PETA” tetapi terkadang menangani masalah yang tumpang tindih, kata Beckham.

Organisasi tersebut menuduh Neuralink dan UC Davis melakukan sembilan pelanggaran Undang-Undang Kesejahteraan Hewan federal – tindakan federal yang dirancang untuk mengurangi penderitaan selama percobaan hewan.

“Banyak monyet mengalami penderitaan ekstrim sebagai akibat dari perawatan hewan yang tidak memadai dan implan kepala eksperimental yang sangat invasif selama percobaan, yang dilakukan untuk mengembangkan apa yang Neuralink dan Elon Musk gambarkan secara publik sebagai ‘otak’ -antarmuka mesin,’” tulis kelompok itu dalam keluhannya kepada USDA.

“Implan yang sangat invasif ini dan perangkat keras terkaitnya, yang dimasukkan ke dalam otak setelah mengebor lubang di tengkorak hewan, telah menghasilkan infeksi berulang pada hewan, yang secara signifikan membahayakan kesehatan mereka, serta integritas penelitian.”

Kelompok ini juga menuntut UC Davis dalam upaya membuat mereka merilis lebih banyak foto, video, dan informasi tentang monyet di bawah undang-undang catatan publik California.

Baca :  Aturan Baru, TikTok Larang Konten Berisi Kebiasaan Makan Tak Sehat dan Tantangan Berbahaya

Dugaan pelanggaran sangat kontras dengan materi yang dibagikan secara publik dari Neuralink.

Dalam sebuah video yang diposting di YouTube April lalu, perusahaan itu menunjukkan seekor monyet yang sehat dan tampak bahagia memainkan video game Pong dengan otaknya.

Seorang juru bicara UC Davis mengatakan kepada The Post bahwa pekerjaannya dengan Neuralink berakhir pada 2020.

Komite Perawatan dan Penggunaan Hewan Institusional universitas telah secara menyeluruh meninjau dan menyetujui proyeknya dengan Neuralink.

Chip Neuralink. [Neuralink/AFP]
Chip Neuralink. [Neuralink/AFP]

“Penelitian hewan diatur secara ketat, dan UC Davis mengikuti semua hukum dan peraturan yang berlaku termasuk dari Departemen Pertanian AS,” tambah juru bicara itu.

Neuralink tidak segera membalas permintaan komentar dari The Post.

Leave A Reply

Your email address will not be published.