Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Sadikin Aksa sosok penting dibalik kesuksesan PSM juara liga

37+ Mockup Psd File Background

0
Jakarta (ANTARA) – Ada sedikit kemiripan antara Indonesia dan Georgia soal bagaimana mengikuti kompetisi sepak bola yang tengah diikuti mereka saat ini.

Indonesia tengah mencari peruntungan dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 yang sudah sampai putaran ketiga. Sementara Georgia tengah menapaki titik terpenting dalam sejarahnya dengan memasuki babak 16 Besar Euro 2024.

Kesamaan Itu adalah predikat kedua tim sebagai tim-tim berperingkat FIFA rendah.

Peringkat Georgia saat ini adalah 75 atau paling rendah di antara 24 tim peserta Euro 2024, sedangkan Indonesia berperingkat 134 atau terendah kedua setelah Kuwait yang berperingkat 137, di antara 18 tim yang mencapai babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pencapaian kedua negara sejauh ini mengejutkan banyak kalangan, terutama Georgia yang masuk 16 besar pada kesempatan pertamanya mengikuti Piala Eropa.

Tim asuhan Willy Sagnol itu membuat Turki yang berperingkat 42 kesulitan walau akhirnya menyerah 1-3, lalu menahan seri 1-1 Republik Ceko yang berperingkat 34.

Namun, yang fenomenal adalah menumbangkan Portugal yang menjuarai Euro 1992 dan diperkuat salah satu pesepak bola terbesar abad ini, Cristiano Ronaldo, dengan 2-0.

Para pemain Georgia merayakan keberhasilan mereka lolos ke fase gugur Euro 2024 setelah menumbangkan Portugal 2-0 dalam pertandingan Grup F di Arena AufSchalke di Gelsenkirchen pada 26 Juni 2024. ANTARA/AFP/Kenzo Triboollard/pri.


Baca juga: Tumbangkan Portugal 2-0, Georgia tulis sejarah lolos ke 16 besar

Pelajaran menarik dari Georgia adalah mereka tidak rendah diri tampil sebagai tim terlemah, yang hampir tak lolos Euro 2024 karena menempati peringkat kelima di antara enam tim yang menghuni grup kualifikasi Euro 2024.

Tapi kemurahan hati badan sepak bola Eropa (UEFA) untuk memberikan kesempatan kepada semua tim di Eropa, tim-tim berperingkat rendah masih dapat mengikuti Euro dari jalur Nations League.

Delapan tim Nations League musim 2022-2023 pun ditetapkan saling berhadapan dalam playoff, guna memperebutkan tiga tiket Euro 2024.

Baca :  Malut United rekrut pemain asal Jepang Tatsuro Nagamatsu

Georgia menyabet satu tiket setelah mengalahkan Luksemburg dan Yunani. Dalam putaran final, mereka sekandang dengan tim-tim kuat Eropa, yakni Portugal, Republik Ceko dan Turki. Tapi mereka justru melenggang ke babak 16 Besar.

Senin esok pukul 02.00 WIB, Georgia menantang Spanyol yang mencukur mereka 1-7 pada 8 September 2023 dalam babak kualifikasi.

Apa pun hasil pertandingan esok, tak akan memupus fakta bahwa Georgia telah menjadi bukti bahwa tim gurem bisa melangkah jauh dalam turnamen elit.

Baca juga: Suporter merasa bagai mimpi lihat Georgia lolos ke 16 besar

Selanjutnya: Tak peduli siapa lawan

Copyright © ANTARA 2024

Leave A Reply

Your email address will not be published.