Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Hailey Bieber Sebut Pil KB dan Migrain Membuatnya Terkena Stroke Ringan, Benarkah Saling Berkaitan?

0

Cariberita.co.id – Hailey Bieber buka-bukaan tentang kondisinya saat mengalami stroke ringan satu bulan lalu dalam sebuah unggahan video di YouTube, Kamis (28/4/2022).

Ia mengungkap beberapa faktor yang membuatnya bisa terkena stroke ringan atau Transient Ischemic Attack (TIA).

Faktor tersebut yakni Covid-19 yang beberapa waktu lalu dialaminya, penerbangan dari Paris ke Los Angeles yang panjang, lubang di jantungnya atau patent foramen ovale (PFO), serta pil KB yang dikombinasikan dengan riwayat migrain.

Benarkah pil KB meningkatkan risiko stroke?

Baca Juga:
Ibu Eros Sheila On 7 Idap Stroke Bertahun-tahun, Bisakah Penyakit Ini Turun ke Anak?

Menurut National Library of Medicine, dilansir ENews, pil KB membawa risiko kecil stroke atau pembekuan darah.

“Saya pikir dalam kasusnya (Hailey), beberapa faktor berperan. Tetapi fakta bahwa dia mempunyai riwayat migrain dan dia memulai pil KB, itu bisa menambah risiko kecil,” kata ahli saraf yang berbasis di New York Alina Sharinn.

Hailey Rhode Bieber jadi Global Ambassador Superga (Dok. Superga)
Hailey Rhode Bieber jadi Global Ambassador Superga (Dok. Superga)

Dikutip dari Verywell Health, wanita yang menggunakan pil KB dua kali lebih mungkin menderita stroke. Tetapi bukan berarti risikonya tinggi.

Dalam sebuah penelitian, wanita tidak merokok yang memiliki tekanan darah normal serta menggunakan pil KB dosis rendah berisiko mengalami stroke tahunan sebesar 8,5 per 100.000, dibanding dengan 4,4 per 100.000 di antara wanita yang tidak menggunakan pil KB.

Sebagian besar wanita yang menggunakan kontrasepsi oral berusia di bawah 35 tahun 40 tahun, karena wanita di atas usia tersebut umumnya mengandalkan alat kontrasepsi yang lebih permanen.

Baca Juga:
Ibunda Eros Sheila On 7 Meninggal dan Idap Stroke, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

Dalam studi lain menyebut bahwa risiko stroke lebih kuat pada pil KB yang mengandung estrogen tinggi.

Peneliti studi ini menyarankan untuk pil KB yang diformulasikan dengan kurang dari 50 mikrogram estrogen untuk mencegah kejadian stroke.

Hal yang paling signifikan adalah wanita dengan kondisi kesehatan tertentu lebih mungkin mengalami stroke terkait penggunaan pil KB, yakni:

– Perokok wanita yang sudah didiagnosis dengan gangguan pembekuan darah paling berisiko alami stroke saat menggunakan pil KB.

– Beberapa studi menunjukkan bahwa wanita yang menderita migrain dengan aura mempunyai kemungkinan lebih tinggi terkena stroke saat mengonsmsi pil KB.

Kini, Hailey mengonsumsi aspirin dan obat pengencer darah setiap hari. Istri Justin Bierber ini mengaku tidak lagi menderita gejala stroke ringan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Leave A Reply

Your email address will not be published.