Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Gegara Vape, Paru-paru Lelaki Ini Rusak Seperti Kakek Berusia 80 Tahun

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Batuk terus-menerus, kehilangan indra perasa dan penciuman serta demam tinggi merupakan gejala umum virus corona Covid-19. Tapi, varian Omicron bisa menyebabkan gejala yang berbeda.

Gejala varian Omicron lebih menyerupai gejala pilek, yakni flu, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Kini, varian Omicron pun merupakan varian virus corona Covid-19 yang paling dominan. Namun, varian Omicron ini tergolong lebih ringan dibandingkan varian virus corona lainnya.

Vaksin Covid-19 yang tersedia sekarang pun mampu melindungi diri dari varian Omicron. Bahkan, para ahli pun berulang kali mengingatkan pentingnya vaksinasi.

Baca Juga:
Satgas Covid-19 Sebut karena Virus Corona Tidak Konsisten, Bikin Pemerintah Ubah-ubah Aturan Karantina

Dr Charu Dutt Arora, dari Rumah Sakit Asian Institute of Medical Sciences di Faridabad, India, menjelaskan virus itu bisa mengaktifkan reseptor rasa sakit di tubuh.

Infeksi virus corona Covid-19 ini merangsang pelepasan hormon yang disebut sitokin, yang menyebabkan peradangan.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

“Sitokin mengarah pada pembentukan prostaglandin yang dikenal sebagai E2, yang mengaktifkan semua reseptor rasa sakit di tubuh,” kata Dr Arora dikutip dari The Sun.

Hal ini seperti jalur sinyal dari sitokin ke prostaglandin E2 yang mengaktifkan jalur nyeri. Hal itulah yang menyebabkan ada 3 bagian tubuh yang terasa sakit ketika Anda terinfeksi varian Omicron.

Selain gejala yang menyerupai pilek, berikut ini rasa sakit di 3 bagian tubuh yang perlu diwaspadai sebagai gejala varian Omicron.

Baca Juga:
Pandemi Virus Corona Covid-19 Sebabkan Masalah Mata, Ini Penyebabnya

1. Sakit punggung bawah

Nyeri punggung bawah ditandai sebagai ciri varian Omicron pada Desember 2021. Tapi, penelitian membutuhkan beberapa waktu untuk mengonfirmasi hal tersebut.

Kini, studi gejala Covid-19 ZOE mencantumkan nyeri punggung bawah sebagai salah satu dari 20 gejala virus teratas saat ini.

Baca :  Temuan Baru, Varian Omicron Tingkatkan Peluang Infeksi Ulang 5 Kali Lipat!

2. Sakit kepala

Studi ZOE juga menemukan bahwa sakit kepala sangat umum bagi mereka yang terinfeksi virus corona Covid-19, yang mempengaruhi sekitar 67 persen dari mereka yang terinfeksi.

Jika Anda mengalami sakit kepala saja, itu mungkin bisa disebabkan oleh banyak hal. Tapi, sakit kepala yang disertai kelelahan, bersin dan lainnya bisa jadi gejala virus corona Covid-19.

3. Sakit lutut

Sakit di area lutut juga bisa menjadi pertanda virus corona Covid-19. Rasa sakit ini diyakini sebagai akibat dari peradangan yang dapat dirasakan melalui ligamen dan persendian.

Peter Whang, ahli bedah tulang belakang ortopedi Yale Medicine dan profesor di Yale University School of Medicine, juga mengatakan bahwa sebagian besar rasa sakit virus corona Covid-19 dirasakan di sekitar jaringan lunak dan persendian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.