Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Ilmuwan: Bayi yang Lahir Selama Masa Pandemi Covid-19 Alami Dampak pada Perkembangannya

0

Cariberita.co.id – Ilmuwan mengatakan bahwa bayi yang lahir di masa isolasi dan kecemasan akibat pandemi Covid-19 mengalami dampak pada perkembangannya, seperti keterlambatan keterampilan motorik dan bahasa.

“Otak bayi sangat kompleks, sehingga sangat penting dalam beberapa bulan pertama kehidupan mereka membutuhkan stimulasi,” kata spesialis penyakit menular pediatrik di Rumah Sakit CHU Sainte-Justine, Montreal, Fatima Kakkar.

Kakkar pun menunjuk pada sebuah penelitian di AS yang terbit dalam jurnal medis JAMA Pediatrics pada Januari 2022.

Dalam studi yang dilakukan Universitas Columbia tersebut, peneliti menemukan bahwa bayi yang lahir di masa pandemi memiliki skor motorik kasar, motorik halus, dan subdomain pribadi-sosial yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan bayi yang lahir sebelum pandemi.

Baca Juga:
Bayi Warganet Ini Mirip Ameena Anak Atta Halilintar – Aurel Hermansyah, Netizen Malah Singgung Wenny Ariani?

Ilustrasi bayi menangis (istockphoto.com)
Ilustrasi bayi Covid-19 (istockphoto.com)

Temuan awal itu mendukung perlunya pemantauan jangka panjang terhadap anak-anak yang lahir selama pandemi Covid-19, lapor Global News.

Sementara itu, sebuah penelitian pracetak di Kanada yang rilis pada Oktober 2021 melihat dampak struktural pada otak bayi yang lahir dari ibu dengan tingkat tekanan pranatal tinggi dengan gejala kecemasan dan depresi.

“Temuan kami menunjukkan potensi dampak jangka panjang dari pandemi Covid-19 pada anak-anak dan menunjukkan bahwa dukungan sosial bertindak sebagai faktor pelindung,” kata penulis.

Itu tidak hanya berlaku bagi ibu hamil, tetapi juga bagi bayi yang sedang berkembang.

Kakkar menekankan bahwa orang tua harus membawa anak-anak mereka yang lahir selama Covid-19 untuk penilaian perkembangan, sehingga dokter dapat melakukan intervensi jika ada “tanda bahaya”.

Baca Juga:
Tubuh Penuh Luka dan Dimasukkan Kantong Plastik, Polisi Tahan Mahasiswi Pembuang Bayi di Ciliwung

Leave A Reply

Your email address will not be published.