Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Benarkah Virus NeoCov Lebih Mematikan dari Virus Corona Covid-19? Ini Kata Ahli!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Saat ini, India telah menyetujui 9 vaksin Covid-19, yang meliputi Institut Serum India, Covaxin dari Bharat Biotech, dan vaksin Rusia Sputnik V.

Kini di tengah penyebaran varian Omicron, India akan membuat vaksin Covid-19 mRNA sendiri. Vaksin mRNA ini diyakini para ilmuwan efektif melawan varian Omicron.

Vaksin Covid-19 mRNA juga bertujuan untuk memicu respons imun dengan mengaktifkan sel guna melawan patogen yang mematikan.

Vaksin Covid-19 sebelumnya menggunakan virus yang dilemahkan atau dilemahkan untuk mengaktifkan sistem kekebalan, sambil memastikan virus tidak bereplikasi.

Baca Juga:
India Mengembangkan Vaksin Covid-19 mRNA Baru, Disebut Lebih Murah dari Pfizer dan Moderna

Dalam kasus Messenger Ribonucleic Acid atau vaksin berbasis mRNA, sel-sel diinstruksikan untuk membuat protein atau sepotong protein lonjakan virus corona yang menghasilkan respons imun dalam tubuh.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Sel kekebalan aktif mengidentifikasi protein lonjakan ini dan pada gilirannya menciptakan antibodi yang dibutuhkan untuk memerangi virus SARs-COV-2 yang mematikan.

Konon dilansir dari Times of India, teknologi mRNA menggunakan sepotong DNA untuk diubah menjadi RNA agar sel dapat menghasilkan protein lonjakan.

Vaksin mRNA homegrown pertama di negara itu sedang dikembangkan oleh Gennova Biopharmaceuticals yang berbasis di Pune.

Sampai sekarang, fase 2/3 dari uji coba manusia telah selesai dan perusahaan sedang dalam proses mengirimkan data ke otoritas pengatur nasional.

Baca Juga:
Virus Corona Covid-19 Bisa Rusak Pembuluh Darah Jantung Tanpa Menginfeksi, Bagaimana Bisa?

Sebelumnya, Dr Singh mengungkapkan bahwa vaksin mRNA ini menggunakan racikan lipid dan enzim yang memungkinkan vaksin disimpan pada suhu 2 hingga 8 derajat Celcius.

Sebagian besar bahan pembuatan vaksin juga bergantung pada impor. Selain itu, para pejabat menyatakan bahwa vaksin mRNA India akan lebih murah daripada vaksin mRNA lainnya, seperti vaksin Pfizer dan Moderna.

Baca :  Idap Kelainan Genetik, Bayi Laki-Laki Ini Didiagnosis 'Sindrom Rambut Tak Dapat Disisir', Seperti Apa Kondisinya?

Tetapi, vaksin mRNA buatan India ini mungkin lebih mahal dari vaksin Covishield atau Covaxin.

Tidak seperti vaksin mRNA, Serum Institutes Covishield menggunakan platform vektor virus. Ia menggunakan adenovirus simpanse (ChAdOx1), sejenis virus flu biasa yangmenempel pada sel dan menyuntikkan DNA yang memberi tahu sel untuk membuat protein lonjakan virus corona.

Setelah produksi protein lonjakan, sistem kekebalan mendeteksi penyerbu ini dan menciptakan antibodi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.