Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Terpopuler: Ketua Satgas IDI Soroti Kematian Akibat Covid-19 Tembus 100 Pasien Hingga Gejala Omicron Mirip Flu

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Saat terinfeksi Covid-19, nutrisi pada makanan yang dikonsumsi makin penting diperhatikan. Sebab, gizi seimbang akan sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem imun dan mempercepat proses pemulihan. 

Pakar nutrisi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem kompleks yang terdiri dari sel, protein, jaringan, dan organ yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dengan melawan infeksi bakteri juga virus.

“Pada proses pertahanan tubuh dari adanya infeksi bakteri dan virus, sistem imunitas akan bekerja sama untuk mengenalinya dan memberikan respon segera. Sistem imunitas yang kuat akan memberikan respon yang baik, yaitu dengan melakukan perlawanan terhadap infeksi bakteri dan virus hingga bakteri dan virus tersebut mati,” papar dokter Rita melalui rilis tertulisnya kepada suara.com, Selasa (14/2/2022).

Oleh karena itu, makanan bergizi seimbang semakin diperlukan ketika tubuh sakit, tidak hanya saat terinfeksi Covid-19. Tujuannya, lanjut dokter Rita, untuk membangun sistem imunitas makin kuat.

Baca Juga:
Hakim Kena Covid-19, Sidang Pembacaan Vonis Azis Syamsuddin Ditunda

 Terlebih virus corona SARS Cov-2, penyebab Covid-19, dapat hidup di bagian tubuh mana saja. Selama di dalam tubuh, virus akan memakai energi dan zat gizi untuk bertahan tubuh. Dampaknya, tubuh manusia menjadi lemah.

“Ketika terinfeksi, akan terjadi penurunan berbagai zat gizi di dalam tubuh. Di antaranya adalah total cairan tubuh, dan mineral,” imbuhnya.

Dokter Rita menjelaskan bahwa cairan tubuh berperan penting dalam memelihara membran sel yang bertugas melindungi semua organ tubuh, sebagai komponen utama dari sel-sel darah putih, juga membantu penyerapan zat gizi dan mendistribusikannya ke seluruh sel yang membutuhkan. 

Sedangkan mineral mempunyai peran menjaga keseimbangan reaksi kimia di dalam tubuh. Oleh sebab itu, selama sakit tubub harus tetap terhidrasi dengan mencukupi asupan air minum.

Baca :  Bisa Menimbulkan Kematian, Simak 4 Bahaya Obesitas Bagi Tubuh

“Harus memasukkan cairan lebih banyak saat terinfeksi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa yang juga mengandung mineral. Tubuh yang terehidrasi dengan baik dan bersama dengan konsumsi makanan yang seimbang akan akan lebih cepat pulih ,” ucap konsultan gizi di Klinik Kebugaran Royal Sport Performance Center Senayan City tersebut.

Baca Juga:
3 Pasien COVID-19 di Palembang yang Jalani Isoman Meninggal Dunia

Leave A Reply

Your email address will not be published.