Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Anak Obesitas Juga Perlu Lakukan Diet, Begini Saran dari Dokter

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Obesitas menjadi masalah yang kerap dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, kondisi obesitas bisa memicu komplikasi penyakit lainnya.

Munurut World Health Organization (WHO) “obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidak seimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama.

Data Kementerian Kesehatan RI, di Indonesia, 13,5 persen orang dewasa usia 18 tahun keatas mengalamai kelebihan berat badan dan 28,7 persen mengalami obesitas.

Ilustrasi obesitas (Freepik/subinpumsom)
Ilustrasi obesitas (Freepik/subinpumsom)

Sementara, pada anak usia 5-12 tahun, sebanyak 18,8 persen kelebihan berat badan dan 10,8 persen mengalami obesitas. Obesitas saat ini telah digolongkan sebagai penyakit yang perlu diintervensi secara komprehensif. Situasi ini yang membuat  RS Premier Bintaro (RSPB) menggelar seminar kesehatan dengan tema “Obesitas: Permasalahan dan Penanggulangan”. 

Baca Juga:
Penting Nih! Jangan Jadikan Koran Sebagai Bungkus Makanan, Ternyata Bahaya Banget

“Kami berharap bisa menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan berat badan, dengan memberikan pengetahuan, tata laksana pencegahan dan bagaimana Langkah-langkah penanganan kelebihan berat badan yang dapat dikurangi sedikit- demi sedikit dengan cara yang tepat,” ujar Dr. Martha M.L. Siahaan, MARS, MHKes, CEO RS Premier Bintaro 

Pesan yang ingin disampaikan dalam penyelenggaraan kampanye ini adalah agar masyarakat Indonesia dapat secara bersama-sama meluruskan kesalahpahaman seputar obesitas, mengetahui penyebabnya, meningkatkan pengetahuan tentang obesitas, mengatasi stigma berat badan.

“Dengan semua berbicara, berbagi dan berdiskusi diharapkan dapat merubah norma, pemahaman, pencegahan dan pengobatan obesitas bukan hanya di Indonesia tetapi juga diseluruh dunia,” kata Martha. 

Baca :  Berita Hits Health: Gejala Awal Terinfeksi Varian Omicron, Tes Kepribadian Masker Favorit
Leave A Reply

Your email address will not be published.