Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Jaga Kebugaran, Ini 4 Tips Mencegah Heat Stroke Saat Olahraga

0

Cariberita.co.id – Heat stroke alias serangan panas bisa menyerang seseorang ketika berolahraga. Apalagi Indonesia merupakan negara tropis yang akrab dengan cuaca panas.

Pakar mengatakan cuaca panas dapat meningkatkan suhu tubuh, yang berisiko menyebabkan heat illnes seperti dengan gejala seperti heat cramp (kram otot), heat exhaustion (kelelahan), heat rash (muncul ruam merah pada kulit) hingga heat stroke (berkunang-kunang, mual, pusing, kulit dingin namun berkeringat, bahkan pingsan).

Untuk itu dalam siaran pers yang diterima Cariberita.co.id, PT Taisho Pharmaceutical Indonesia (Taisho) membagikan tips untuk mencegah heat stroke saat olahraga. Apa saja?

1. Minum yang cukup

Baca Juga:
7 Penyebab Penyakit Tekanan Darah Tinggi, Salah Satunya Kurang Olahraga

Minum air penting agar cadangan air dan mineral dalam tubuh yang hilang selama berolahraga dan cuaca panas bisa segera digantikan dengan air minum.

2. Gunakan pakaian yang tepat

Pakaian yang berbahan ringan dan longgar baik digunakan saat olahraga. Jangan mengenakan jaket/pakaian berbahan tebal, maupun pakaian yang gelap karena akan semakin menyerap panas dari lingkungan.

Jika perlu, bisa ditambahkan dengan kacamata dan topi ketika matahari cukup terik.

3. Menjaga kulit

Baca Juga:
Rutin Olahraga dan Periksa Kesehatan, Kunci Lansia Dapat Postur Tubuh ‘Emas’

Mengoleskan produk berbahan dasar menthol pada kulit untuk memberikan sensasi sejuk mendinginkan agar membantu proses penguapan panas dari dalam tubuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.