Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Jangan Abaikan 7 Perubahan Tubuh Ini, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius

0

Cariberita.co.id – Tubuh bisa memberikan beberapa tanda-tanda ketika ada masalah kesehatan, tetapi banyak orang sering kali mengabaikannya.

Padahal tanda-tanda atau perubahan kecil pada tubuh ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa perubahan pada tubuh yang bisa menandakan masalah kesehatan.

1. Kulit menguning

Baca Juga:
Indra Bruggman Alami Jantung Berdebar hingga Gemetaran, Kenali 5 Gejala Hipertiroid!

Sebagian besar kulit yang menguning disebabkan oleh penyakit kuning dan masalah hati. Kadar bilirubin yang tinggi (pigmen empedu) membuat tubuh Anda tidak mungkin membuangnya sebagai limbah. Akibatnya, kulit dan bagian putih mata menjadi kuning.

Ilustrasi Kulit. (Pixabay)
Ilustrasi Kulit. (Pixabay)

2. Titik-titik putih pada kuku

Titik-titik putih pada kuku bisa terjadi setelah cedera dan gigitan kuku. Jika semua ini bukan pemicunya, mungkin ada masalah kesehatan tersembunyi yang menjadi pemicunya. Umumnya, hal ini bisa disebabkan oleh kekurangan seng, kalsium atau protein.

3. Sudut bibir pecah-pecah

Pecah-pecah di sudut bibir muncul karena berbagai penyebab. Anda mungkin kurang terpapar matahari atau terlalu banyak terpapar matahari. Selain itu, pasta gigi atau lipstik tertentu juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga:
Penyebab Gagal Jantung dan Kelompok yang Paling Berisiko Mengalaminya

4. Kuku melengkung

Kuku melengkung bisa jadi masalah paru-paru kronis. Kondisi ini juga bisa terjadi karena beberapa kondisi gastrointestinal. Jika tidak dirawat tepat waktu, kuku akan membesar dan melengkung ke bawah.

5. Sariawan

Luka yang sakit di dalam mulut atau sariawan dapat disebabkan oleh perubahan hormonal atau stres emosional. Selain itu, sariawan juga bisa terjadi akibat kekurangan vitamin B12.

6. Benjolan kelopak mata

Jerawat kecil di kelopak mata Anda disebut bintitan. Kondisi ini biasanya tumbuh sangat dekat dengan bulu mata dan membuat Anda sakit ketika berkedip dan gatal.

Benjolan ini biasanya muncul di kulit jika Anda menderita diabetes atau kulit yang terlalu kering. Kondisi ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu mengganti kontak atau kuas makeup.

7. Lingkaran cincin di kornea mata

Jika Anda melihat ada lingkaran cincin kebiruan, abu-abu atau putih di kornea mata, mungkin saja Anda menderita arcus senilis.

Lingkaran cincin ini sebenarnya adalah timbunan lemak. Kadar kolesterol yang tinggi tampak tepat di mata Anda. Pada akhirnya, setiap orang akan memilikinya seiring bertambahnya usia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.