Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Imunisasi Dasar Lengkap Bisa Cegah Anak Stunting, Jangan Sampai Terlewat Ya Bunda!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Bagi para ibu sering kali mengalami masalah bagi anak-anak yang sulit untuk makan. Biasanya, anak-anak melakukan gerakan tutup mulut alias GTM dan menolak makanan yang diberikan oleh orang tuanya.

Melihat banyaknya fenomena GTM, Dokter Gizi, dr. Marya Haryono, M. Gizi, Sp.GK, FINEM menjelaskan, biasanya hal ini terjadi pada masa-masa setelah balita. Apalagi banyaknya hal yang mengalihkan perhatian anak membuat nafsu makannya berkurang.

“GTM sih biasanya terjadi pada setelah toddler atau balita ya, karena mereka sudah tau cita rasa. Selain itu mereka juga bisa terganggu atau ter-distract, jadi banyak sekali pengganggunya,” ucap dr. Marya Media Briefing Hari Gizi Nasional, Rabu (25/1/2023).

Gerakan tutup mulut alias GTM bikin anak malas makan. (Shutterstock)
Gerakan tutup mulut alias GTM bikin anak malas makan. (Shutterstock)

Menurut dr.Marya, masalah GTM ini harus segera diatasi. Pasalnya, penyerapan nutrisi anak bisa saja terganggu. Kondisi tersebut jika dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa membuat anak menjadi stunting. Bahkan, anak tersebut juga bisa mengalami masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga:
Alhamdulillah! 2 Tahun Ini Jumlah Balita Stunting di Surabaya Terus Menyusut

“Risikonya nutrisi anak bisa tidak terpenuhi, kalau jangka pendek mungkin efeknya akan aman-aman saja. Namun, kalau berjalan dalam waktu yang lama dan tidak diperhatikan, ini juga bisa sebabkan stunting hingga masalah kesehatan,” sambung dr. Marya.

Untuk GTM sendiri biasanya disebabkan karena berbagai faktor. Selain karena perhatiannya yang terganggu, GTM bisa juga terjadi karena anak mengalami masalah pada pencernaannya. Hal tersebut yang membuat anak tidak merasa nyaman ketika makan.

Oleh sebab itu, menurut dr. Marya, para orang tua harus sangat memperhatikan pola makan yang teratur pada anak-anaknya. Orang tua juga harus bisa memberikan contoh yang baik mengenai makan kepada anaknya.

Baca :  Penuh Virus dan Bakteri, Kebersihan Kamar Mandi Penting Untuk Diperhatikan

Ketika anak melihat orang tuanya yang memberikan contoh, ini akan membuatnya mengikuti kebiasaan tersebut. Dengan begitu, kebiasaan atau pola makan anak akan menjadi lebih baik.

“Orang tua harus mengajarkan anak untuk mengatur jam pola makan. Bisa juga dengan makan bersama mereka gitu, jadi mereka lihat kaya ‘oh ibu sama ayah makan ya’, terus mereka jadinya mengikuti kebiasaan tersebut,” jelas dr. Marya.

Baca Juga:
Cegah Stunting, DPR Dukung Penuh Keinginan Jokowi Sediakan Alat USG di Puskesmas Seluruh Indonesia

Tidak hanya kebiasaannya, menurut dr. Marya, makanan yang dikonsumsi juga menjadi hal penting. Orang tua juga bisa mencontohkan makanan yang baik untuk dikonsumsi, dan tidak hanya karbohidrat nasi saja, tetapi protein, lemak, dan lain-lain.

“Makan yang sehat juga dilihat, makan sayur, lauk yang protein. Jangan hanya karbohidrat nasi saja, jadi dia tahu orang dewasa mengonsumi makanan yang dikonsuminya juga,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.