Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Methylprednisolone Obat Apa? Ini Cara Kerja dan Orang yang Tidak Boleh Mengkonsumsinya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kebanyakan orang kurang memperhatikan kebersihan handuk, karena dianggap tidak terlalu penting dalam menjaga kecantikan.

Padahal Anda tak seharusnya memakai handuk yang sama selama lebih dari 2 hari berturut-turut. Karena, handuk menyerap banyak air dan menyimpan bakteri yang dapat tumbuh dari waktu ke waktu.

Jadi, Anda disarankan untuk mencuci handuk setalah 3 pemakaian. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa dampak buruk pakai handuk yang sama selama lebih dari 2 hari.

1. Kulit berjerawat

Baca Juga:
Gara-gara Minum Bubuk Kafein, Pria Ini Alami Serangan Jantung hingga Meninggal!

Pakai handuk yang sama berulang kali juga bisa menjadi penyebab kulit berjerawat. Sebab, minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati tetap berada di handuk Anda sejak pertama kali dipakai.

Karena handuk selalu lembab selama berjam-jam, ini bisa menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Jika Anda tidak mencuci handuk secara teratur, seratnya akan dipenuhi bakteri yang bisa berpindah ke wajah.

ilustrasi kulit berjerawat (Unsplash)
ilustrasi kulit berjerawat (Unsplash)

2. Mengiritasi kulit

Pakai handuk kotor tidak hanya merusak kecantikan wajah, tetapi juga menyebabkan kulit Anda menjadi lebih sensitif.

Jika Anda terus menggunakan kembali handuk yang sama, handuk tersebut akan terkontaminasi virus dan jamur yang bisa menyebarkan infeksi. Jika kuman ini masuk ke kulit Anda, itu bisa menjadi kemerahan dan iritasi.

Baca Juga:
Peneliti Temukan Efek Virus Corona Covid-19 pada Otak Terkait Penciuman

3. Memperburuk kondisi kulit

Meskipun menggunakan kembali handuk kotor dapat membuat kulit normal menjadi lebih sensitif dan teriritasi, tidak mencucinya bisa lebih membahayakan jika kulit Anda sudah kering dan halus.

Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat atau Anda memiliki kondisi kulit tertentu, seperti eksim. Pakai handuk yang sama berulang kali dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat flare-up.

Baca :  Zodiak Kesehatan 31 Mei 2022: Taurus, Hilangkan Stres dengan Latihan yang Menghibur

4. Kerontokan rambut

Meskipun keramas secara teratur dan menggunakan sampo serta kondisioner yang tepat sangat penting untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Tapi, membungkus rambut dengan handuk yang tidak dicuci selama berhari-hari justru bisa menyebabkan rambut rontok.

Handuk kotor bisa memindahkan jamur dan infeksi staph ke wajah dan kulit kepala, bahkan jika Anda menggunakannya hanya untuk mengeringkan rambut.

Infeksi bakteri staph ini bisa berdampak buruk pada kulit kepala, karena menyebabkan folikel rambut meradang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.