Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  3 Bahan yang Ampuh Mengobati Jerawat Menurut Dermatolog, Salah Satunya Vitamin A

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Tubuh perempuan mengalami begitu banyak perubahan sepanjang hidupnya, mulai dari haid, hamil, melahirkan, menyusui, hingga menopause. Oleh karena itu, perempuan membutuhkan sejumlah nutrisi penting untuk memastikan semua proses perubahan di atas berlangsung dengan normal.

Kekurangan nutrisi penting ini akan membuat proses-proses di dalam tubuh perempuan menjadi tak optimal, yang pada akhirnya mungkin akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Menjelang Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tangga; 8 Maret, berikut adalah 4 nutrisi penting bagi perempuan yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatannya, seperti dilansir dari Healthshots.

1. Zat Besi

Kekurangan zat gizi yang paling umum pada perempuan di seluruh dunia adalah zat besi. Untuk memastikan Anda tak kekurangan zat gizi yang satu ini, konsumsilah makanan yang kaya zat besi, seperti sayuran berdaun hijau, tahu, biji-bijian, dan daging.

Baca Juga:
Tidak Hanya untuk Ibu Hamil, Asam Folat juga Penting Bagi Kesehatan Tubuh Pria

Sertakan semua makanan yang kaya zat besi itu secara teratur. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dan mengganggu kondisi kehamilan yang sehat.

2. Yodium
Kekurangan mineral esensial ini memiliki konsekuensi serius bagi tubuh perempuan, mulai dari depresi hingga persepsi yang buruk, penambahan berat badan yang tidak normal, penurunan kesuburan, dan bahkan peningkatan kemungkinan kenaikan berat badan pada ibu hamil dan menyusui.

Dalam kasus seperti itu, cobalah konsumsi makanan seperti stroberi, keju, dan kacang-kacangan.

3. Seng
Seng adalah jenis trace mineral, yang berarti bahwa tubuh kita hanya membutuhkannya dalam jumlah kecil. Nutrisi ini diperlukan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim, sintesis protein, penyembuhan luka, pertumbuhan sel, dan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Baca :  Bintang Serial AS 'The Hills' Heidi Montag Akui Suka Makan Daging Mentah, Padahal Sangat Berbahaya

Sayangnya, tubuh kita tidak dapat mensintesis seng, jadi kita harus mengonsumsi makanan kaya seng dalam jumlah kecil secara teratur. Konsumsilah makanan kaya seng setidaknya dua kali sehari untuk mencapai kadar seng yang optimal dalam tubuh, di antaranya adalah biji labu, biji bunga matahari, jamur, kacang almond, kenari, dan kacang mede.

Baca Juga:
5 Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Kendalikan Berat Badan

4. Kolin
Kolin adalah salah satu nutrisi yang diperlukan perempuan untuk menjaga memori, suasana hati, kontrol otot, dan fungsi lain dari otak dan sistem saraf. Kolin juga diperlukan untuk pembentukan membran yang mengelilingi sel-sel tubuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.